Sidang Paripurna DPR Sahkan 9 Komisioner Komnas HAM 2022-2027

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 4 Okt 2022 11:08 WIB
Sembilan nama Komisioner Komnas HAM tersebut selanjutnya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo.
tirto.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui sembilan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2022-2027 dalam Sidang Paripurna di Kompleks Parlemen RI, Selasa (4/10/2022).

Delapan nama Komisioner Komnas HAM dibacakan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi PAN Pangeran Khaerul Saleh, yaitu:

1. Abdul Haris Semendawai
2. Anis Hidayah

3. Atnike Nova Sigiro
4. Hari Kurniawan
5. Prabianto Mukti Wibowo
6. Pramono Ubaid Tanthowi
7. Putu Elvina
8. Saurlin P. Siagian
9. Uli Parulian Sihombing

"Dalam rapat pleno Komisi III DPR RI yang digelar pada Senin (3/10/2022) memutuskan bahwa ketua Komnas HAM RI adalah Atnike Nova Sigiro," kata Pangeran dalam laporannya.

Pangeran menjelaskan bahwa nama-nama tersebut dipilih setelah melalui sejumlah proses dari panitia seleksi hingga fit and proper test di Komisi III DPR RI.

"Pada kesempatan ini menyampaikan dibutuhkan anggota komnas HAM yang memiliki integritas dan kredibel yang diatur dalam ketentuan perundang undangan," ujarnya.

Sembilan nama tersebut disetujui oleh seluruh fraksi setelah pimpinan DPR RI menanyakan kepada peserta Sidang Paripurna. Kemudian, mereka berfoto sebagai tanda persetujuan atas jabatan baru yang diemban oleh Komisioner Komnas HAM.

"Pimpinan dengan ini mengucapkan selamat kepada calon komisioner semoga menjalankan tugas dengan amanah," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.

Sembilan nama Komisioner Komnas HAM tersebut selanjutnya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo.


Baca juga artikel terkait KOMISIONER KOMNAS HAM atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight