tirto.id - Setiap tanggal 11 November dirayakan sebagai Hari Jomblo atau Singles Day. Sejarah munculnya Hari Jomblo ini berawal dari beberapa mahasiswa di Nanjing University, Cina yang ingin merayakan kesendiriannya.
Suatu malam di tahun 1993, empat mahasiswa Nanjing University ini berkumpul di salah satu kamar asrama. Mereka berdiskusi banyak hal termasuk soal jomblo dan bagaimana caranya mengusir kesepian karena tak memiliki kekasih.
Salah seorang lalu mencetuskan ide untuk merayakan kesendirian pada 11 November. Karena ada banyak angka satu dalam 11.11, maka dipercaya menjadi waktu yang tepat untuk merancang berbagai aktivitas bagi para jomblo.
Perayaan ini kemudian menyebar ke berbagai wilayah di Cina dan kemudian menjadi tradisi yang terus dilakukan setiap tahun di negara tersebut.
Dikutip dari South China Mornisng Post, Hari Jomblo juga dianggap sebagai "pemberontakan" terhadap tekanan sosial yang menuntut seseorang harus memiliki kekasih. Selain itu, Hari Jomblo atau Singles Day ini juga dipandang sebagai tandingan untuk Hari Valentine.
Awalnya, Singles Day ini dirayakan oleh kaum pria, tetapi seiring berjalannya waktu, perempuan di Cina juga turut merayakan Hari Jomblo ini.
11 November kian meriah usai e-commerce raksasa Cina, Alibaba Group menghadirkan diskon hingga 50 persen dan pengiriman gratis ke seluruh wilayah Cina pada 2009.
Awalnya cuma ada 27 brand yang mengambil bagian dalam festival Singles Day ini. Namun, pertumbuhan belanja online 11 November atau 11.11 terus meningkat setiap tahunnya.
Berawal dari Alibaba, JD.com dan Pinduoduo juga turut merayakan Singles Day dengan menghadirkan berbagai diskon menarik di platformnya, mulai dari barang elektronik, mobil hingga apartemen.
Single Day kemudian menjadi Hari Jomblo yang dirayakan dengan pesta belanja online. Pada 11 November tahun lalu, pembelian online di Cina mencapai 410 miliar yuan (60,4 miliar dolar AS) dalam 24 jam - dua kali lipat dari yang dihasilkan Amazon dalam waktu sebulan.
Tak hanya di Cina, setiap 11 November, perusahaan e-commerce di Indonesia juga menggelar pesta belanja online dengan menghadirkan ragam diskon dan gratis ongkos kirim.
Namun secara resmi, Hari Belanja Online (Harbolnas) di Indonesia digelar pada 12 Desember atau 12.12.
Berikut Diskon dan Promo 11.11 di e-commerce Indonesia 11 November 2020:
- Belanja Hemat Sepeda dengan dikson hingga 77 persen;
- Belanja Otomotif Hemat dengan diskon hingga 94 persen;
- Selasa Tampil Kece dengan diskon hingga 83 persen;
- Belanja Hobi dan Koleksi dengan diskon hingga 90 persen;
- Flash Diskon dengan potongan harga hingga 85 persen.
- 11.11 Elekronik Day dengan diskon hingga 90 persen dan ekstra 2 gratis ongkir;
- Shopee 11.11 Big Sale mulai 11 November 2020 pukul 00.00 WIB;
- Shopee Pay Rp1 pada 9-10 November 2020
- 11.11 Rumah dan Hobi Fair dengan gratis ongkir dan flash sale diskon 70 persen;
- 11.11 Perawan Rumah dan Bayi Sale dengan diskon hingga 80 persen;
- 11.11 Beauty Brand Favorit dengan diskon hingga 80 persen;
- Lazada 11.11 Branded Super Deals dengan promo hingga 99 persen;
- Double Deals 11.11 dengan diskon hingga 50 persen untuk produk elektronik;
- Super Sale 11.11 dengan diskon hingga 50 persen dan voucher belanja;
- Mega Diskon dengan potongan harga hingga 80 persen untuk produk olahraga dan lifestyle;
- Diskon Terbesar dengan potongan harga 90 persen untuk pakaian dan sepatu perempuan;
- Diskon barang elekstronik hingga 85 persen dan voucher Rp200 ribu;
- Promo tas, jam dan aksesoris hingga 80 persen dan voucher Rp110 ribu.
- JD.ID HARJOYNAS 11.11 dengan harga mulai Rp1;
- Pesta Belanja dari Rp10 untu perlengkapan dapur
- Top Brand Festival dengan diskon hingga 90 persen untuk berbagai merek;
- Everything About 11 dengan promo spesial serba 11;
- Home Living Kejutan 11.11.
- Belanja OVO Mania 11.11 dengan cashback hingga 90 persen OVO Points;
- Extra Hemat Bayar untuk pulsa, BPJS, listrik dan tagihan lainnya;
- Bebas Ongkir Sepuasnya.
Editor: Agung DH