Sandiaga Minta Pemilik Gedung Sekitar Melawai Tampung Para PKL

Oleh: Hendra Friana - 2 Maret 2018
Menurut Sandiaga, salah satu alternatif tempat relokasi para PKL di trotoar Melawai adalah gedung-gedung di sekitar kawasan itu.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana memindahkan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang trotoar kawasan Melawai, Jakarta Selatan.

Salah satu alternatif lokasi pemindahan PKL, menurut Sandiaga, adalah gedung-gedung di sekitar kawasan Melawai. Dia meminta pemilik gedung-gedung itu bisa menyediakan lahan untuk lokasi berdagang para PKL di kawasan Melawai.

"Karena pekerja di gedung-gedung tersebut yang menggunakan servis mereka (para PKL)," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, pada Kamis (1/3/2018).

Sandiaga juga memerintahkan bawahannya segera mencari tempat baru yang strategis agar para PKL tetap bisa menjual makanan dan barang kebutuhan para pekerja kantor di kawasan Melawai.

"Saya sekarang lagi minta Ibu Lurah (Lurah Melawai Kurnia Rita), juga Dinas UKM di wilayah Jakarta Selatan untuk mencoba mencari di mana lokasi sementaranya," kata Sandiaga.

Penataan para PKL di trotoar Melawai memang pernah dilakukan oleh Lurah Kurnia Rita. Dia mendata para PKL dan menempatkan mereka di tiga lokasi trotoar berbeda, yakni Jalan Sunan Ampel, Jalan Wijaya IX, dan Jalan Falatehan.

PKL Melawai akan Ikut Program OK OCE

Sandiaga menambahkan ada 75 PKL kawasan Melawai yang telah didata. Menurut dia, para PKL itu akan didaftarkan menjadi peserta program One Kecamatan One Center Enterpreneurship (OK-OCE).

Sandiaga berharap, para PKL itu dapat meningkatkan pendapatan dan mengembangkan usahanya dari skala mikro menjadi lebih besar.

"PKL di situ [Melawai] hampir 20 tahun lebih [Berjualan]. Mungkin hampir 30 tahun. Jadi kita nanti lihat dari hasil pelatihannya," kata dia.

Sandiaga berencana akan berkunjung ke kawasan Melawai pada Jumat pagi (2/3/2018). Ia akan menemui para pedagang di kawasan tersebut dan membahas rencana relokasi.

"Di situ nanti akan terbangun dialog. Mudah-mudahan ada solusinya," kata Sandiaga.


Baca juga artikel terkait PENATAAN TROTOAR atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Addi M Idhom
DarkLight