Sampah Elektronik 7,5 Ton/Hari, DLH DKI: E-Waste Dijemput Gratis

Reporter: Riyan Setiawan, tirto.id - 13 Jul 2023 17:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kepala Dinas LH DKI, Asep Kuswanto mengatakan sampah elektronik rumah tangga di Jakarta bisa dilakukan layanan penjemputan secara gratis.
tirto.id - Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menyepakati kerja sama dengan PT Citra Asia Raya (CAR) untuk memberikan layanan pengelolaan sampah elektronik secara gratis kepada warga Jakarta. Sampah elektronik termasuk sampah spesifik yang perlu dikelola dengan benar.

Kepala Dinas LH DKI, Asep Kuswanto mengatakan, Jakarta merupakan pionir dalam pengelolaan sampah spesifik.

“Pengelolaan sampah spesifik dan turunannya, mungkin baru di Jakarta yang mengawalinya. Di daerah lain belum ada regulasinya. Semoga langkah ini bisa ditiru oleh daerah lain di Indonesia,” kata Asep di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Ia menuturkan, Pemprov DKI memiliki keseriusan dalam menangani masalah sampah spesifik sejak lama, misalnya, memberi kemudahan kepada warga Jakarta yang akan membuang sampah spesifik termasuk sampah elektronik.

“Sejak 2017, Dinas LH memiliki layanan penjemputan langsung sampah elektronik yang ada di masyarakat secara gratis,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya, dan Beracun (PSLB3) Dinas LH DKI, Yusiono A Supalal menjelaskan, timbulan sampah elektronik di Jakarta tahun 2021 mencapai 75,63 ton per hari dan diprediksikan terjadi peningkatan 20 persen menjadi 90,23 ton per hari pada tahun 2045.

“Oleh karena itu, sampah elektronik ini harus dikelola dengan baik,” ujarnya.

Yusiono menambahkan, dalam rangka mengelola sampah elektronik dengan baik, pihaknya memberikan kepercayaan kepada PT CAR untuk mengelola sampah elektronik secara gratis karena memiliki perizinan yang lengkap, serta berpengalaman mengelola sampah elektronik secara ramah lingkungan.

Ruang lingkup di dalam Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama ini, meliputi pengumpulan sampah elektronik, pengangkutan sampah elektronik, pemanfaatan sampah elektronik, sosialisasi dan edukasi, serta pemantauan dan evaluasi.

Sementara itu, Direktur Utama PT CAR, Irwan, memberikan apresiasi kepada Dinas LH DKI Jakarta atas kepercayaannya mengelola sampah elektronik warga Jakarta secara gratis.

“Kami sudah berpengalaman di bidang ini dan menjamin memiliki perizinan yang lengkap, fasilitas canggih dan ramah lingkungan,” kata Irwan.


Baca juga artikel terkait SAMPAH ELEKTRONIK atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri

DarkLight