tirto.id - Uji coba terbatas angkutan publik Light Rail Transit atau LRT Jabodebek mulai dilakukan menjelang operasional penuh pada 18 Agustus 2023. Tirto berkesempatan menjajal dari Stasiun Harjamukti, Depok, Rabu (12/7/2023).
Stasiun ini berada sejajar Tol Jagorawi, di Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok. Saya menggunakan layanan taksi online untuk menuju Stasiun Harjamukti. Tidak perlu khawatir, masyarakat juga bisa menggunakan TransJakarta yang berhenti di Halte Cibubur.
Tiba di Stasiun Harjamukti, fasilitas terlihat sudah memadai. Mulai dari toilet pria dan wanita, ruang kesehatan, mushola, ruang menyusui. Calon penumpang juga tidak perlu khawatir, stasiun tersebut juga menyediakan fasilitas pengisi daya yang bisa digunakan oleh para penumpang.
Sebelum armada kereta layang berangkat para petugas memberikan arahan untuk melakukan tap in menggunakan kartu uang elektronik (KUE). Uji coba kali ini saya hanya dikenakan biaya Rp1 sampai Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat.
Setelah melakukan tap in, saya diarahkan untuk menaiki eskalator menuju peron stasiun. Kereta datang sekitar pukul 10.00 WIB, platform screen door (PSD) atau pintu kaca antara kereta dan batas penumpang langsung terbuka. Saya pun bergegas masuk.
Kereta melaju setelah pintu peron dan pintu gerbong tertutup. Terdengar suara deru dan getaran kereta walaupun tidak begitu mengganggu. Tercatat ada 11 stasiun yang bakal dilalui oleh rangkaian LRT tersebut.
Sejuk yang berasal dari pendingin udara pertama kali yang dirasakan saat memasuki kereta tanpa masinis ini. Satu rangkaian LRT terdiri atas enam kereta penumpang.
Di setiap kereta terdapat kursi prioritas bagi lansia atau penumpang difabel yang membutuhkan. Di dalam kereta tampak sejumlah bangku penumpang berwarna biru muda yang nyaman.
Terdapat 8 set tempat duduk. Masing-masing rangkaian kursi memiliki kapasitas 4 sampai 6 orang. Berbeda seperti KRL Commuter Line, LRT tidak menyediakan bagasi tas di bagian atas.
Dalam kereta juga dilengkapi papan informasi lokasi pemberhentian kereta. Terlihat juga petunjuk keselamatan, alat pemadam kebakaran ringan hingga kotak P3K. Dalam perjalanan, kereta yang saya tumpangi sempat berhenti beberapa kali. Kereta tanpa masinis itu sempat berhenti sekitar 1 menit sebelum memasuki Stasiun LRT TMII.
Kereta kembali berhenti sebelum menuju Stasiun LRT Cawang. Lalu, tak lama berselang, kereta kembali berjalan dengan normal menuju stasiun selanjutnya, Ciliwung.
Kereta terus melaju menuju ke Stasiun LRT Cikoko, Pancoran, Kuningan, Rasuna Said, Setiabudi, hingga tiba di Stasiun Dukuh Atas pada pukul 10.57 WIB. LRT Jabodebek menggunakan teknologi yang lebih tinggi dari MRT Jakarta ataupun LRT Sumsel, yaitu generasi ke-3 atau GoA Level 3.
Dengan teknologi ini, memungkinkan kereta dioperasikan tanpa masinis/driverless namun di dalam kereta ada petugas train attendant yang berjaga untuk situasi darurat.
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan M. Risal Wasal mengklaim, LRT yang berhenti beberapa kali tadi bukan merupakan hambatan, melainkan failsafe yang bertujuan untuk memastikan keamanan LRT selama perjalanan.
"Begitu ada sedikit gangguan maka kereta itu langsung berhenti, dan attendance di kereta itu akan melapor kalau ada sesuatu apa. Begitu tidak terjadi apa-apa maka kereta itu akan jalan lagi. Misalnya ada binatang atau apapun itu akan berhenti dan attendance di kereta akan melaporkan ke OCC mengatakan tidak apa-apa karena itu hanya binatang maka lanjut jalan," kata Risal.
Saya melihat seluruh sistem operasi pada LRT Jabodebek sudah diatur pada OCC (Operation Control Center). LRT Jabodebek juga merupakan karya anak bangsa dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang lebih dari 60 persen yang dibuat oleh PT INKA.
Tarif LRT Jabodebek untuk jarak terjauh rencananya bakal dipatok Rp20.000 hingga Rp25.000. Risal menuturkan, tarif Rp25.000 berlaku untuk perjalanan terjauh yaitu dari Cibubur ke Bekasi.
Sementara dari Jakarta ke Bekasi atau Jakarta ke Cibubur dipatok tarif Rp20.000. Risal merinci tarif LRT Jabodebek dihitung Rp5.000 per kilometer (km) pertama. Selanjutnya dihitung Rp700 per kilometer selanjutnya.
"Jadi kalau kita total tarifnya sekitar Rp 20.000 dari Bekasi sampai Dukuh Atas atau Cibubur sampai Dukuh Atas," ungkap Risal.
Melongok Stasiun LRT Dukuh Atas
Setelah tiba di Stasiun Dukuh Atas, saya sempat berkeliling melihat fasilitas. Rencananya stasiun ini menjadi akses transit menuju empat moda transportasi publik lainnya seperti MRT, KRL, KA Bandara, dan TransJakarta.
Stasiun LRT Dukuh Atas terletak di Jalan Setia Budi, Kuningan, Jakarta Selatan dan melayani lintas Cibubur dan Bekasi. Terdiri dari tiga lantai dan menyediakan eskalator, tangga menuju peron 3 tempat pemberangkatan LRT. Lantai dasar juga disiapkan lift penumpang.
Saya melihat sejumlah fasilitas yang tersedia seperti musala, ruang kesehatan, ruang menyusui, dan finding machine. LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023 mendatang. Uji coba LRT dilakukan bertahap. Tahap pertama, mulai 12 Juli - 26 Juli 2023. Pada tahapan ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dan Kementerian/Lembaga, jurnalis/media dan komunitas.
Tahap kedua, mulai 27 Juli - 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.
Penulis: Intan Umbari Prihatin & Hanif Reyhan Ghifari
Editor: Intan Umbari Prihatin