Resep, Bahan, & Cara Membuat Bakwan: Sajian Megawati untuk Prabowo

Oleh: Yonada Nancy - 24 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Megawati punya resep dan bahan khusus membuat bakwan untuk Prabowo.
tirto.id - Pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto akhirnya terjadi pada Rabu (24/7/2019). Megawati menyajikan bakwan goreng sebagai makanan pembuka untuk tamu yang pernah berpasangan dengannya di Pilpres 2009 itu. Mau tahu resep, bahan-bahan, dan cara membuat bakwan?

Ini adalah jumpa pertama Megawati dan Prabowo usai Pilpres 2019 di mana keduanya berdiri di kubu yang berbeda. Megawati beserta PDIP dan barisan partai pendukung mengusung Joko Widodo (Jokowi), sedangkan Prabowo maju sebagai penantang, didukung Gerindra dan koalisinya. Sebelumnya, Prabowo juga telah bertemu dengan Jokowi.

Dalam pertemuan yang berlangsung di kediaman Megawati, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, itu, tuan rumah menyajikan bakwan sebagai sajian pembuka. Namun, bakwan goreng buatan Presiden RI ke-5 itu disebut-sebut punya bahan-bahan dan resep khusus.


Kendati tergolong penganan berjenis gorengan, bakwan dinilai memiliki nilai gizi yang cukup baik, terutama bakwan yang dipadukan dengan berbagai macam jenis sayuran. Dikutip dari HalloSehat, bakwan mengandung karbohidrat serta vitamin serta mineral dari sayur dan telur.

Namun, yang perlu diingat, pastikan menggoreng makanan ringan berbahan dasar tepung terigu ini dengan minyak goreng yang baru, bukan minyak bekas menggoreng makanan lain, supaya nilai gizinya tidak menurun.

Resep, bahan-bahan, dan cara membuat bakwan sebenarnya cukup mudah. Berikut ini resep dan cara membuat bakwan, meskipun tentunya tidak sama persis dengan bakwan khusus buatan Megawati sang putri proklamator.


Bahan Adonan

200 gram tepung terigu
100 gram kol iris halus
100 gram buncis iris halus
50 gram tauge
1 buah wortel iris halus
1 butir telur
1 batang daun bawang iris halus


Bahan Bumbu (Dihaluskan)

3 siung daun bawang (bagian putihnya)
5 siung bawang merah
½ sendok teh merica hitam dan garam secukupnya

Cara Membuat

  • Campurkan adonan tepung terigu dan telur. Aduk rata hingga membentuk adonan kental. Jika terlalu menggumpal, bisa ditambahkan sedikit air.
  • Setelah tekstur adonan dirasa cukup kental, masukkan bahan bumbu yang sudah dihaluskan. Cara menghaluskannya bisa ditumbuk atau dengan menggunakan blender. Lalu, aduk rata adonan.
  • Kemudian, masukkan sayur-sayuran yang sudah diiris halus. Lalu aduk lagi hingga seluruh adonan tercampur.
  • Selanjutnya, panaskan minyak goreng dan goreng adonan sesuai takaran yang diinginkan. Jika adonan bakwan sudah berwarna cokelat keemasan, angkat dan tiriskan.
  • Sajikan dalam piring dan hidangkan bakwan goreng dengan saus atau cabai rawit.


Baca juga artikel terkait PERTEMUAN MEGAWATI-PRABOWO atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight