Menuju konten utama

Ramai-Ramai Mengekor Warna Pastel Wes Anderson

Desain ruang kafe Bar Luce karya sutradara Wes Anderson diikuti para pengusaha kafe di berbagai negara.

Ramai-Ramai Mengekor Warna Pastel Wes Anderson
Interior Bar Luce di Milan, Italia didesain oleh Wes Anderson. Fondazione Prada/Attilio Maranzano

tirto.id - Miuccia Prada, desainer dan pemilik lini mode Prada, tergugah melihat gedung tua yang ada di dekat kantornya. Gedung itu tadinya adalah pabrik penyulingan yang didirikan pada 1910. Pabrik terdiri dari beberapa gedung yang menyambung dan membentuk persegi panjang serta menyisakan ruang terbuka pada bagian tengah kompleks pabrik.

Dari luar, ruangan itu nampak terkesan gelap dan jauh dari penampilan yang menarik. Fasad bangunan yang dibuat dari batu hanya dilengkapi jajaran jendela berbentuk persegi dengan bagian atas yang melengkung. Bentuk yang menyiratkan gaya arsitektur renaisans. Desain bangunan yang populer di masa tersebut.

Saat itu Prada sedang punya banyak uang. Bisnisnya terus menerus meraih keuntungan. Ia pun terpikir untuk membeli gedung tersebut dan menjadikannya galeri seni. Dalam wawancara dengan Conde Nast, ia menceritakan harapan untuk membuat seni dan budaya diminati kaum muda.

Sesaat setelah membeli bangunan itu, Prada menelepon arsitek Rem Koolhas. Ia ingin agar Koolhas membuat kompleks pabrik lebih indah dipandang. Syaratnya, mempertahankan bangunan lama dan membuatnya terkesan modern. Koolhas datang dengan ide mendirikan tiga fasad baru di sela-sela bangunan pabrik sekaligus memperbaiki bangunan lama. Salah satu fasad ia buat dari emas.

Buat Prada, bangunan yang bagus untuk galeri seni saja belum cukup. Ia menginginkan sebuah bar. Kepada Wall Street Journal, Prada berkisah bahwa ia mengibaratkan bar sebagai tempat para pekerja pabrik menikmati waktu senggang sambil bercanda dengan para kolega. Seperti adegan-adegan yang pernah ada dalam film neorealis.

“Saya pikir akan sangat menarik bila bar didesain oleh Wes Anderson. Saya terus menerus memaksanya untuk mendesain bar sampai ia setuju,” kenang Prada yang sudah pernah bekerjasama dengan Anderson untuk pembuatan materi promosi lini busananya.

Prada langsung jatuh hati saat Anderson mengungkap ide menggunakan ubin terazzo merah muda sebagai lantai. “Saya memilih palet baby pink,” tutur Prada. Ia merasa ide Anderson terbilang baru dan (menurut pengetahuan Prada) belum pernah diterapkan.

Anderson memahami bahwa Prada ingin bar menyiratkan era kejayaan desain Italia. Ia menempel wallpaper bergambar gedung Galleria Vittorio Emanuele. Gedung ikonik di Milan yang biasa dikenal dengan nama Plaza Duomo. Ia menerangi ruangan bar dengan lampu gantung bundar dari era art deco. Sampai di sini, bar bisa mengingatkan orang pada tampilan desain film The Grand Budapest Hotel arahan Wes Anderson.

Di benak Anderson, bar tidak hanya berarti ruangan tempat para tamu duduk di kursi tinggi yang menghadap ke rak-rak minuman. Bar juga bermakna sebagai tempat bersantai sembari duduk bersandar di bangku. Ia menaruh kursi-kursi kayu dan sofa yang dudukan serta sandaran kursinya berwarna serupa dengan lantai.

Selain merah muda, ia menambahkan warna hijau keabuan yang dikemas dalam rona pastel. Pada 2010-an saat desain industrial, rustic, atau sekarang, skandinavia terlihat di mana-mana; gaya Anderson nampak berbeda. Para penggemar filmnya boleh jadi menganggap Anderson sedang memodifikasi salah satu karyanya ke bentuk nyata. Tapi ia tidak hanya bicara tentang dirinya.

Infografik Kafe Pastel Ala Om Wes

Karya Anderson mengingat pentolan-pentolan desain Italia yang muncul pada era modernisme seperti Gio Ponti, Enzo Mari, dan Ettore Sottsass . Warna hijau atau pastel kerap dikenakan Ponti saat ia mendesain ruangan kampus di Italia dan Villa Planchart. Sementara meja-meja kayu yang ada di dalam bar, layaknya bentuk sederhana dari meja karya Mari. Bar itu dibuka untuk umum pada 2015 dengan nama Bar Luce by Wes Anderson.

Bar Luce menginspirasi para pengusaha kafe. Pada 2016, Prada membuka cabang toko kue Pasticerria Marchesi di Milan. Ia menggunakan warna hijau pastel untuk tembok dan furnitur di dalam ruang. Nuansa desainnya serupa dengan karya Anderson atau gaya desain 1950-an Italia.

Pada 2017, Studio desain Biasol membuka The Budapest Cafe di Chengdu, Tiongkok. Ia memakai furnitur warna hijau pastel dan pink; menggunakan marmer dan keramik terazzo bagi permukaan meja; dan memberi aksen lengkung setengah lingkaran pada dinding. “Desain berangkat dari karya imajinatif Anderson yang kami anggap akan mampu menarik perhatian turis mancanegara,” kata Jean- Pierre Biasol, desainer interior.

Bila Biasol memilih untuk memodifikasi warna dominan di kafe karyanya, Joseph Malabanan, pemilik Café Congreso di Filipina, memutuskan tetap setia pada warna dominan yang pernah digunakan Anderson. Kafe milik Malabanan memperlihatkan bahwa ia benar-benar berupaya agar tempat miliknya serupa dengan set desain The Grand Budapest Hotel.

Selain kafe para pengusaha jasa penginapan Airbnb pun larut dalam imajinasi Anderson. Foto-foto Mr. Anderson’s House di Ontario, Canada tertera di laman situs Airbnb.

Di Jakarta pemandangan lantai dan dinding terazzo pastel, sofa kuning pastel, kursi kayu dengan kaki diagonal, lampu gantung bundar bergaya art deco, serta lukisan abstrak; bisa dipandang saat memasuki kafe di lantai dasar Hotel Monopoli. Salah satu sisi dinding dipenuhi jendela-jendela besar.

Langit-langit dibiarkan tanpa plafon dan memperlihatkan pipa-pipa pendingin ruang. Lewat bangunan yang dibuat serupa dengan lekuk arsitektur art nouveau sang pemilik rasanya berusaha membuat pengunjung berada jauh dari Jakarta. Bila Anda jadi pengikut akun Instagram Accidentallywesanderson bisa jadi foto-foto karya Anda di tempat ini terpampang di lini masa akun.

Baca juga artikel terkait FILM FIKSI atau tulisan lainnya dari Joan Aurelia

tirto.id - Gaya hidup
Penulis: Joan Aurelia
Editor: Suhendra