PSBB Jakarta: Layanan Ojek Motor Hilang dari Aplikasi Gojek & Grab

Oleh: Gilang Ramadhan - 10 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Layanan GoRide dan GrabBike sudah tidak bisa diakses mulai pagi ini.
tirto.id - Layanan ojek motor dari aplikasi Gojek dan Grab sudah tidak dapat diakses mulai hari ini, Jumat (10/4/2020). Hilangnya layanan GoRide dan GrabBike itu sebagai imbas penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

Pantauan wartawan Tirto dari Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, ikon GoRide sudah tidak tersedia di apikasi Gojek. Namun fitur lainnya seperti layanan GoCar (mobil) dan GoFood masih tersedia.

Sementara ikon GrabBike masih ditemukan di aplikasi Grab, namun saat memesan pengguna diarahkan untuk menggunakan berbagai layanan yang ada di GrabCar, meski pun sudah mengklik GrabBike sejak awal.

Layanan ojek motor juga sudah tidak bisa diakses di Bekasi, Jawa Barat. Hal itu diketahui berdasarkan pantauan wartawan Tirto di Taman Galaxi Indah, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Namun berdasarkan pantauan wartawan Tirto lainnya, layanan ojek online di aplikasi Gojek dan Grab masih tersedia di Depok, Jawa Barat.

Penyedia layanan Gojek membenarkan mulai hari ini fitur memesan ojek online GoRide untuk sementara tidak bisa diakses. Hal itu untuk mengikuti keputusan pemerintah tentang PSBB di Jakarta.

"Kami mematuhi keputusan pemerintah DKI Jakarta terkait penerapan PSBB dan kami berharap langkah ini dapat mencegah penyebaran COVID-19," kata Chief of Corporate Affair Gojek Nila Marita dalam keterangan resmi, Jumat (10/4/2020).

Nila menjelaskan, layanan transportasi roda empat GoCar dan GoBlueBird juga masih tersedia dengan maksimal jumlah penumpang 2 orang agar physical distancing bisa tetap terjaga.

Di samping itu, lanjut dia, layanan pesan antar makanan GoFood, layanan telemedik dan pengantaran obat GoMed, serta layanan pengantaran barang GoSend, GoMart, GoShop dan GoBox tetap beroperasi selama periode PSBB. Ia memastikan masyarakat dapat menggunakan layanan ini tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery).

“Kami menyediakan masker bagi seluruh mitra untuk memastikan kesehatan bersama. Kami juga mengingatkan agar penumpang GoCar menggunakan masker selama perjalanan, dan mengikuti panduan keamanan selama perjalanan yang diinformasikan lewat aplikasi,” ujar Nila.

Hal serua juga disampaikan Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi. Layanan ojek moter GrabBike dihentikan sementara selama pelaksanaan PSBB di DKI Jakarta

“Prioritas utama kami adalah untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan komunitas kami,” kata Neneng dalam keterangan resminya, Jumat (10/4/2020).

Neneng menuturkan berbagai layanan Grab seperti pengiriman makanan, pengiriman barang, GrabMart, dan taksi online tetap beroperasi,.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi memberlakukan PSBB pada 10-23 April. Sejumlah kegiatan untuk sementara dilarang demi mengurangi penyebaran virus Corona atau COVID-19 di ibu kota.

Kegiatan yang dilarang termasuk ojek online untuk mengangkut penumpang. Para pengemudi untuk sementara waktu hanya bisa mengantarkan barang atau makanan.


Baca juga artikel terkait PSBB JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas, Bayu Septianto & Rio Apinino
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight