Profil Omay Farida Nurhan yang Disomasi Codeblu Food Vlogger

Kontributor: Sulthoni, tirto.id - 25 Sep 2023 09:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Siapa Farida Nurhan alias Omay yang disomasi oleh Codeblu karena diduga lakukan doxing?
tirto.id - Farida Nurhan tengah menjadi buah bibir warganet. Pasalnya, perempuan yang biasa dipanggil dengan nama Omay diduga melakukan doxing kepada pemilik akun @codebluuu.

Mulanya, Farida Nurhan tidak terima atas review tempat makan yang dilakukan oleh pemilik akun Instagram @codebluuu.

Farida Nurhan dan pemilik akun @codebluuu sama-sama food vlogger atau orang yang kerap melakukan review atau ulasan terkait makanan dan restoran.

Food vlogger menggunakan platform media sosialnya untuk memposting review makanan yang dikunjungi di tempat makan.

Dalam kasus yang tengah diperbincangkan warganet kali ini, @codebluuu melakukan review Warung Makan Nyak Kopsah. Pemilik warung tersebut adalah Bang Madun.

Karena tidak terima dengan review yang dilakukan @codebluuu, alih-alih membalas dengan review, Farida Nurhan malah membeberkan identitas pemilik akun @codebluuu.

Selama membuat konten review makanan, @codebluuu tidak pernah menampakkan identitas aslinya. Ia hanya memaparkan ulasan dengan suaranya saja.

Sontak dengan membuka nama asli @codebluuu serta aib masa lalu pemilik akun tersebut, Farida Nurhan mendapatkan serbuan dari warganet yang menyebutnya telah melakukan doxing.

Berdasarkan laman resmi Kominfo, doxing berasal dari kata “dox”, singkatan dari dokumen. Secara definisi doxing merupakan sebuah tindakan berbasis di internet untuk menyebarluaskan informasi pribadi secara publik terhadap seseorang.

Lantas siapa Farida Nurhan yang telah melakukan doxing tersebut?


Profil Farida Nurhan

Farida Nurhan merupakan konten kreator asal Lumajang, Jawa Timur. Konten-kontennya didominasi review makanan. Perempuan yang berumur 41 tahun tersebut merupakan salah satu food vlogger di Indonesia.

Farida Nurhan atau yang biasa dipanggil Omay merupakan perempuan kelahiran Lumajang, 3 September 1982. Farida mempunyai akun Instagram @farida.nurhan dengan follower mencapai 2,3 juta akun.

Sebelum terjun sebagai Youtuber yang memproduksi konten-konten review makanan, Farida Nurhan bekerja sebagai TKW (Tenaga Kerja Wanita). Ia bekerja di di Singapura kemudian pindah ke Hong Kong pada 2001 hingga 2008.

Setelah mengembara di negara orang untuk mencari nafkah, Farida Nurhan kembali ke Indonesia. Ia bekerja sebagai property broker di Jakarta.

Pada tahun 2017, Farida Nurhan mulai membuat Youtube. Ia menggeluti Youtube dengan berbagai konten, termasuk review makanan.

Perempuan yang mempunyai kekhasan dalam me-review dengan jargonnya Awur-awur Emplok ini, Youtubenya telah ditonton sebanyak 1,3 miliar dengan 4,86 juta subscribers.

Dari pernikahannya, Farida Nurhan melahirkan seorang putri bernama Permesta Dhyaz Ris Putri Wibowo pada 27 Maret 2000. Sayangnya pernikahan itu berakhir saat Farida Nurhan bekerja sebagai TKW.

Sama seperti Farida Nurhan, Dhyaz sang putri juga melahirkan anak di usia muda. Farida Nurhan telah menjadi nenek dari Radika Putra Sydharta saat usianya masih 33 tahun.

Pada 26 September 2017, Farida Nurhan membuat channel YouTube. Enam tahun berlalu, channel YouTube Farida Nurhan telah memiliki 4,86 juta subscribers dengan total 1.700 video dan 1,3 miliar viewers.

Karena ketenarannya tersebut, Farida Nurhan diundang di berbagai stasiun televisi sebagai bintang tamu. Acara Kick Andy pada tahun 2021, Pagi-pagi pada tahun 2022 dan Rumpi: No Secret, pada 2023.

Selain sebagai youtuber, Farida Nurhan merambah bisnis kuliner dengan membuka toko online Ngemplok by Omah yang menjual masakan dari resepnya sendiri.


Baca juga artikel terkait FOOD VLOGGER atau tulisan menarik lainnya Sulthoni
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight