Prediksi Komik One Piece 981: Marco & Izo Muncul di Negeri Wano?

Oleh: Fitra Firdaus - 3 Juni 2020
Dibaca Normal 2 menit
Prediksi Manga One Piece Chapter 981 yang dirilis pada Minggu (7/6/2020): Marco The Phoenix dan Izo bisa muncul di Negeri Wano untuk membantu kelompok Topi Jerami.
tirto.id - Manga One Piece Chapter 981 karya Eiichiro Oda akan dirilis di Manga Plus Shueisha pada Minggu (7/6/2020). Setelah penyamaran Monkey D. Luffy, Roronoa Zoro, dan Eustass Kid terbongkar di Onigashima, pada chapter kali ini ada kemungkinan datang bala bantuan untuk kubu aliansi: Fushicho Marco.

Dalam One Piece Chapter 980 "Fighting Music" yang dirilis pada 24 Mei 2020, Luffy dan Zoro langsung menyerbu anggota Bajak Laut Beasts yang membuang oshiruko, hidangan tradisional di Negeri Wano. Sudah dua dekade lamanya rakyat Negeri Wano kelaparan di bawah kekejaman Shogun Orochi dan Yonko Kaido, sementara Bajak Laut Beasts tertawa-tawa tidak peduli dengan penderitaan tersebut.

Serbuan Luffy dan Zoro itu langsung diketahui Scratchmen Apoo, anggota headliners Bajak Laut Kaido yang melapor kepada Queen, salah satu Okanban Kaido. Queen menginstruksikan penangkapan Luffy dan Zoro, dengan imbalan siapa pun yang bisa melakukannya punya kesempatan untuk naik pangkat jadi Tobi Roppo, headliners teratas.

Dalam situasi seperti itu, Eustass Kid maju menyerang Apoo. Kid punya dendam tersendiri kepada Apoo, yang dahulu mengajaknya dan Basil Hawkins beraliansi, tetapi ternyata berkhianat.

Apoo secara tidak langsung menyebabkan Killer, first mate Kid di Bajak Laut Kid, menyantap buah iblis buatan SMILE yang gagal. Akibatnya, sama seperti sebagian rakyat negeri Wano, Killer selalu tertawa dalam kondisi senang, marah, atau sedih.

Pertarungan Kid dan Apoo, terlepas dari motif dendam, adalah awal kecil perang besar di Onigashima.



Perang Besar Melawan Dua Yonko di Onigashima

Sejak awal, Yonko Kaido memang berencana menciptakan perang terdahsyat yang belum pernah ada sebelumnya. Tujuan Kaido adalah mati, karena selama ini dengan cara apa pun, termasuk terjun dari Sorajima (Pulau Langit), ia tetap tidak menemui kematian.

Kaido saat ini adalah Yonko dengan bounty tertinggi. Harga buronannya mencapai 4.611.100.000 Belly, lebih tinggi dari Big Mom/Charlotte Linlin (4.388.000.000 Belly), Shanks (4.048.900.000 Belly), atau Blackbeard/Kurohige (2.247.600.000 Belly).

Hampir dapat dipastikan, pada akhir arc Wano, Kaido akan mati sesuai harapannya, dan posisi Luffy yang disebut sebagai Kaisar Kelima oleh Morgan, akan semakin diakui.

Namun, andai hal itu terjadi, berarti perang di Onigashima bakal lebih besar daripada Perang Puncak di Marineford ketika Bajak Laut Shirohige/Whitebeard hendak membebaskarn Portgas D. Ace.

Sebelum perang saja, di Onigashima sudah berkumpul dua Yonko, yaitu Kaido dan Big Mom. Mereka masih bekerjasama dengan Shogun Orochi, yang mengendalikan Negeri Wano dalam dua dekade terakhir.

Sebagai lawan, ada kubu aliansi, gabungan Kozuki Momonosuke bersama Akazaya Nine dengan Kelompok Topi Jerami, yang sudah bisa menaklukkan mulai dari Crocodile, Gecko Moriah, hingga Donquixote Doflamingo.

Pada masa lalu, Kozuki Oden, ayah Momonosuke, pernah berlayar dengan Bajak Laut Shirohige. Selain itu, Luffy juga punya ikatan kuat dengan Bajak Laut Shirohige karena Ace. Marco dan para komandan Bajak Laut Shirohige pernah mati-matian menjaga Luffy agar tidak tewas di Marineford oleh Admiral Akainu dua tahun lampau.

Fushicho Marco, pernah ditemui oleh Nekomamushi pada Chapter 909. Ketika itu, Marco memilih jadi dokter di Sphinx, desa kelahiran Shirohige karena khawatir Edward Weevil, salah satu shichibukai yang mengaku sebagai putra asli Shirohige (Edward Newgate) akan menyerang desa tersebut.

Namun, dalam perkembangan cerita, Angkatan Laut sudah memiliki SSG, senjata yang membuat mereka tidak lagi membutuhkan Shichibukai. Oleh karenanya, anggota Angkatan Laut kemudian diperintahkan menangkap Shichibukai, tidak terkecuali Weevil. Bisa jadi, Weevil sudah tertangkap, sehingga Sphinx aman, dan Marco dapat mengambil keputusan lain.



Membantu Luffy di Onigashima adalah keputusan yang akan diambil Marco. Ini bukan hanya karena faktor kedekatan Bajak Laut Shirohige dengan Kozuki Oden, ayah Momonosuke. Lebih jauh, salah satu perintah terakhir Shirohige kepada anak-anaknya adalah melindungi Luffy. Bisa jadi, Marco melihat apa yang dilihat Shirohige dan Shanks pada diri Luffy, yaitu dialah sosok yang akan menjadi raja bajak laut pada kemudian hari.

Selain itu di Chapter 909, Marco meminta Nekomamushi untuk menyampaikan pesan khusus untuk Luffy. Ini dapat dikaitan dengan road poneglyph terakhir yang belum ditemukan oleh Kelompok Topi Jerami.

Dua road poneglyph, salinan dari milik Big Mom dan dari Pulau Zou, ada di tangan mereka. Satu road poneglyph lain kemungkinan ada di Onigashima, dan satu road poneglyph terakhir, yang seharusnya ada di Kerajaan Ryugyu (Pulau Gyojin) mungkin diamankan oleh Shirohige.

Marco tidak akan muncul sendirian di Onigashima. Ia bakal datang bersama Nekomamushi. Selain itu, ada sosok lain yang tidak kalah tangguh, Izo, kakak Kikunojo, yang sudah puluhan tahun melanglang samudra bersama Bajak Laut Shirohige. Melihat Luffy datang ke Wano, ditambah dengan adanya Momonosuke, Izo bisa menjadi salah satu kunci harapan terakhir Kozuki Oden, membuka perbatasan Wano untuk dunia luar.

Baca juga artikel terkait ONE PIECE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
Artikel Lanjutan
DarkLight