Prediksi Bhayangkara FC vs Bali United di Liga 1: Duel Penuh Ambisi

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 2 menit
Bhayangkara FC dan Bali United sama-sama punya ambisi tinggi untuk memetik kemenangan di laga penutup Liga 1 2018, meski target kedua kesebelasan tidak sama.
tirto.id - Bhayangkara FC akan menjamu Bali United pada pertandingan terakhirnya di GoJek Liga 1 2018, Sabtu (8/12/2018) hari ini. Dalam duel di Stadion PTIK, Jakarta tersebut, kedua kesebelasan punya ambisi pentingnya masing-masing.

Bhayangkara FC dipastikan bakal tampil ngotot, lantaran hanya kemenangan-lah yang bisa membuat mereka mewujudkan ambisi finis di posisi tiga besar. Saat ini The Guardians menempati peringkat empat dengan 50 poin. Paulo Sergio dan kawan-kawan tertinggal satu angka saja dari penghuni urutan tiga, Persib Bandung yang bakal berhadapan dengan Barito Putera pada hari yang sama.

Modal positif dimiliki skuat asuhan Simon McMenemy. Pasalnya, sepanjang sejarah lima kali bertemu Bali United, Bhayangkara FC tidak pernah menderita satu pun kekalahan. Terakhir, pertemuan pada putaran pertama lalu dimenangkan The Guardians dengan skor tipis 2-3.

"Bagi kami, laga terakhir ini adalah tetap sangat penting. Tetap ingin kejar posisi ketiga di klasemen akhir," ujar pelatih Simon McMenemy seperti dikutip laman resmi GoJek Liga 1 2018.

Skuat Bhayangkara FC sedang dalam tekad baja untuk memperbaiki performa mereka pekan lalu. Dalam laga terakhirnya, Bhayangkara FC hanya bisa bermain imbang melawan PSM Makassar di kandang sendiri.

Namun Bhayangkara FC pun wajib mewaspadai kebangkitan Bali United. Serdadu Tridatu sedang dalam upaya keras untuk mengakhiri rentetan rapor buruknya. Pekan lalu, Bali United bahkan kalah dari Persija Jakarta di kandang sendiri.

Caretaker Bali United, Ekor Purdjianto punya misi untuk memetik kemenangan perdana sekaligus terakhirnya musim ini. Ditunjuk melatih untuk menggantikan pelatih sebelumnya, Widodo Cahyono Putro, Eko hanya bisa melihat kekalahan timnya pada laga perdana pekan lalu.

"Kami bertekad di laga terakhir lawan Bhayangkara FC main maksimal untuk dapat poin," tegas Eko.

Total 18 pemain dibawa Eko untuk lawatan ke Jakarta kali ini. Termasuk di dalamnya adalah gelandang serba bisa, Nick Van Der Velden yang akan melakoni laga perpisahannya dengan kostum Serdadu Tridatu.


Meski punya kans kecil untuk merangsak lagi ke papan atas, poin penuh dibutuhkan Bali United untuk setidaknya finis di posisi lebih baik. Saat ini Melvin Platje dan kawan-kawan masih terpaku di peringkat 10 klasemen dengan torehan 45 poin, hasil 12 kemenangan, sembilan kali imbang, dan 12 kekalahan.

Lima Laga Terakhir Bhayangkara FC

3/12/2018 Liga 1 Bhayangkara FC 0-0 PSM Makassar
26/11/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 1-0 Bhayangkara FC
19/11/2018 Liga 1 Bhayangkara FC 2-0 Persipura Jayapura
9/11/2018 Liga 1 Madura United FC 1-2 Bhayangkara FC
3/11/2018 Liga 1 Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung

Bhayangkara FC sedang dalam rapor naik turun. Mereka meraih dua kemenangan, sekali imbang, dan dua kali kalah.

Lima Laga Terakhir Bali United

2/12/2018 Liga 1 Bali United 1-2 Persija Jakarta
25/11/2018 Liga 1 PSM Makassar 4-0 Bali United
18/11/2018 Liga 1 Bali United 2-5 Persebaya Surabaya
10/11/2018 Liga 1 Persipura Jayapura 1-0 Bali United
3/11/2018 Liga 1 Bali United 2-0 Madura United FC

Sementara itu, Bali United sedang terbenam dalam tren buruk. Empat kekalahan beruntun mereka alami bulan ini. Bahkan, mereka hanya bisa sekali menang dalam lima pertandingan terakhirnya.

Head to Head Bhayangkara FC vs Bali United

21/7/2018 Liga 1 Bali United 2-3 Bhayangkara FC
29/9/2017 Liga 1 Bhayangkara FC 3-2 Bali United
9/6/2017 Liga 1 Bali United 1-3 Bhayangkara FC
29/10/2016 ISC A Bali United 2-2 Bhayangkara FC
3/7/2016 ISC A Bhayangkara FC 3-1 Bali United

Riwayat pertemuan antara kedua kesebelasan pun memihak pada Bhayangkara FC. Empat kali mereka menundukkan Bali United, dan hanya sekali kalah. Terakhir, putaran pertama lalu The Guardians menang 2-3. Meski saat itu duel berlangsung di Bali, nyatanya brace Marinus Wanewar dan sebiji gol Elio Martins hanya bisa dibalas tuan rumah lewat aksi Melvin Platje serta Dallen Doke.

Perkiraan Susunan Pemain Bhayangkara FC vs Bali United

Bhayangkara FC: Awan Setho; Putu Gede, Vladimir Vujovic, Jajang Mulyana, Fatchu Rohman; M. Hargianto Lee Yu Jun; Paulo Sergio, Adam Alis, Vendry Mofu; Elio Martins.

Cadangan: Wahyu Tri Nugroho, Indra Kahfi, Alsan Sanda, Sani Rizky, Wahyu Subo Seto, Herman Dzumafo, Marinus Wanewar.

Bali United: Diky Indriyana; Andika Wijaya, Mahamadou N’Diaye, Ricky Fajrin, Taufik Hidayat; Taufiq, Brwa Nouri; Stefano Lilipaly, Nick Van Der Velden, Irfan Bachdim; Melvin Platje.

Cadangan: Wawan Hendrawan, Syaiful Indra, Dias Angga, Fadil Sausu, Kadek Agung, Yabes Roni, Hanis Saghara.

Kickoff pertandingan Bhayangkara FC vs Bali United dijadwalkan pukul 15.30 WIB. Laga ini dapat disaksikan lewat live streaming Vidio.com.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram