Peter Crouch Eks Striker Liverpool dan Timnas Inggris Pensiun

Oleh: Beni Jo - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Peter Crouch pensiun dari dunia sepak bola setelah lebih dari 20 tahun berkarier.
tirto.id - Mantan striker jangkung Liverpool, Peter Crouch mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola melalui akun Twitter resmi pribadinya, @petercrouch pada Jumat (12/7/2019), setelah melewati beberapa pertimbangan.

"Setelah melewati banyak pertimbangan pada musim panas ini, saya memutuskan untuk pensiun dari sepak bola," tulis penyerang bernama lengkap Peter James Crouch di lini masa, Jumat.

"Perjalanan yang luar biasa telah memberi saya segalanya. Saya berterima kasih kepada semua orang yang membantu saya hingga seperti ini," sambung pemain berusia 38 tahun itu.

Crouch menambahkan, bahwa beberapa pencapaian yang selama ini menjadi mimpinya pada usia 17 tahun mampu menjadi kenyataan. Seperti bermain di Piala Dunia, berlaga di final Liga Champions, memenangi Piala FA, serta mencetak 100 gol lebih di Liga Inggris.

Melansir Sky Sport News, Crouch telah mencetak 108 gol di Premier League dalam 468 pertandingan bersama tujuh klub berbeda selama perjalanan kariernya.

Crouch memulai karier profesionalnya bersama Tottenham Hotspur pada musim 1999/2000 meskipun saat itu belum mampu mencatatkan debut di tim utama. Usai berlaga bersama Spurs, tercatat 10 klub sudah pemain dengan tinggi 2 meter itu. Sebagian besar tim-tim tersebut berlaga di Premier League.

Klub pertamanya yang tampil di Liga Inggris adalah Aston Villa. Tiga musim berada di Villa Park, ia mengoleksi enam gol dalam 37 pertandingan Premier League pada 2001-2004.

Sempat memperkuat Southampton selama satu musim, Liverpool akhirnya menggaet pemain kelahiran 30 Januari 1981 ini.

Menjadi penggawa The Reds, Crouch turun dalam 85 laga di Liga Inggris dengan menorehkan 22 gol. Secara total, ia pun tampil dalam 134 kali duel dan mengoleksi 42 gol di semua ajang.

Ketika bermain untuk klub yang bermarkas di Stadion Anfield itu, Crouch merengkuh gelar Piala FA 2005/2006 dan trofi Community Shield 2006. Selain itu, dirinya juga turut mengantarkan Liverpool menjadi runner-up Liga Champions 2006/2007 serta runner-up Piala Dunia Antarklub 2005.

Usai dari Liverpool, perjalanan kariernya dilanjutkan dengan kembali memperkuat Tottenham selama tiga musim.

Stoke City pun menjadi klub yang paling lama ia bela, yaitu selama delapan musim. 261 laga dan 62 gol di semua ajang berhasil ia catatkan di sana.

Burnley akhirnya menjadi tim terakhir yang ia perkuat saat tampil di Liga Inggris musim 2018/2019 dengan catatan penampilan sebanyak enam laga tanpa mencetak gol.

Sementara ketika tampil untuk timnas Inggris, Peter Crouch mengemas 42 caps dan 22 gol sejak 2005 hingga 2010.



Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Beni Jo