Persiapan Anies Jelang Debat: Istirahat Supaya Bisa Berpikir

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 4 Des 2023 18:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Anies Baswedan mengaku siap menyambut agenda debat perdana capres-cawapres pada 12 Desember 2023.
tirto.id - Calon presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan, mengaku siap menyambut agenda debat perdana capres-cawapres pada 12 Desember 2023. Dia menuturkan salah satu persiapannya yaitu dengan cukup istirahat, olahraga agar tubuh tetap bugar.

“Ya tentu harus baca-baca, semuanya harus ada persiapan, harus ada istirahat cukup, olahraga yang baik, cukup istirahat supaya bisa mikir,” kata Anies saat bersafari politik ke Rumah Rengasdengklok, Cikarang, Senin (4/12/2023).

Anies pun mengaku santai karena pernah mengikuti debat capres dan cawapres. Pertama, ikut menjadi moderator debat capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009 yang saat itu pesertanya calon capres-cawapres, Megawati Soekarno-Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono dan Jusuf Kalla-Wiranto.

“Saya pernah beberapa kali, satu, pernah jadi moderator, dua, pernah mempersiapkan calon untuk debat, dan ketiga, sekarang saya ikut debat jadi Tuhan takdirkan dapat pengalaman cukup lengkap lah untuk saat ini,” ucap mantan Menteri Pendidikan itu.

Dalam mempersiapkan materi untuk debat, Anies mengaku banyak menyegarkan data dan informasi. Dia menuturkan debat tidak bisa disamakan dengan cerdas cermat yang harus dihafalkan.

“Refresh saja, refresh data, refresh informasi, kan ini bukan cerdas cermat yang harus dihafalkan, enggak bisa dihafal, ini tuh sama seperti konferensi pers, kita datang ngobrol begini enggak tahu akan ditanyakan apa, pertanyaannya apa, atau seperti desak Anies kemarin, kita akan muncul pertanyaan apa saja,” ungkap Anies.

Sebagai informasi, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari, telah mengumumkan waktu pelaksanaan debat capres-cawapres. Secara keseluruhan, debat pilpres akan dilaksanakan sebanyak lima kali.

Debat pertama akan dimulai pada Selasa, 12 Desember 2023, kemudian dilanjutkan pada Jumat, 22 Desember 2023. Debat ketiga akan dilakukan pada 2024, yaitu pada Minggu, 7 Januari 2024.

Debat keempat akan dilakukan pada 21 Januari 2024. Sebagai penutup, debat kelima akan dilaksanakan pada Minggu, 4 Februari 2024.


Baca juga artikel terkait CAPRES ANIES BASWEDAN atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok
(tirto.id - Politik)

Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight