Menuju konten utama

Pernyataan Resmi Lion Air Soal Insiden Penumpang Tak Dapat Kursi

Lion Air menyatakan permohonan maaf kepada penumpangnya, atas insiden ketidaksesuaian nomor kursi yang terjadi pada penerbangan rute Palembang-Jakarta, pada Minggu (16/9/2018) lalu.

Pernyataan Resmi Lion Air Soal Insiden Penumpang Tak Dapat Kursi
Pesawat lion air.foto/shutterstock

tirto.id - Lion Air melalui keterangan resminya menjelaskan perihal pengaduan dari salah satu penumpang bernama Satwika Ika, yang melaporkan ketidaksesuaikan nomor kursi pada dokumen masuk ke pesawat (boarding pass) yaitu 35F, sementara dalam penerbangan JT-1341 rute Palembang-Jakarta tersebut, baris kursi hanya sampai nomor 34.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air, membenarkan hal tersebut dan menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi, serta menyatakan bahwa penanganan kepada pelanggan sudah diselesaikan secara baik, pada Minggu (16/9/2018) lalu.

"Kami meminta maaf sebesar-besarnya atas insiden ini, penanganan juga sudah dilakukan secara baik. Lion Air JT-1341 telah lepas landas sesuai jadwal keberangkatan dari Palembang yaitu pukul 07.05 WIB," kata Danang dalam rilis yang diterima Tirto, Senin (24/9/2018).

Maskapai swasta berlambang Singa tersebut menjelaskan bahwa, penerbangan rute Palembang-Jakarta dengan nomor JT-1341 tersebut seharusnya dioperasikan menggunakan armada jenis Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi dengan nomor kursi hingga 39.

Namun, dikarenakan adanya rotasi pesawat yang berpotensi menyebabkan keterlambatan penerbangan (delay), maka Lion Air menggantinya dengan armada Boeing 737-800NG yang hanya berkapasitas 189 penumpang, dengan baris kursi sampai nomor 34.

Penggantian pesawat tersebut dilakukan secara mendadak karena alasan operasional, yang bertujuan untuk menjamin keselamatan penerbangan dan ketepatan waktu terbang.

Sementara itu, pada saat proses penggantian pesawat, sebagian besar penumpang sudah melakukan proses check-in.

Sebelumnya, keluhan atas ketidaksesuaian nomor kursi yang dialami seorang penumpang bernama Satwka Ika tersebut viral di media sosial.

Melalui akun Facebook pribadinya, Satwika memposting Surat Terbuka Untuk Manajemen Lion Air, atas insiden yang ia alami.

Satwika juga menceritakan kronologi, hingga perlakuan tidak menyenangkan oleh salah seorang kru pesawat yang saat itu sedang bertugas.

Menanggapi hal tersebut, Lion Air mengucapkan terima kasih atas laporan yang telah disampaikan, dan kejadian ini akan dipergunakan sebagai bahan evaluasi dan rekomendasi operasional Lion Air untuk kedepannya sejalan meningkatkan kualitas layanan.

Baca juga artikel terkait INSIDEN LION AIR atau tulisan lainnya dari Yandri Daniel Damaledo

tirto.id - Bisnis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo