tirto.id - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) sudah mencapai tahap pengumuman hasil akhir integrasi nilai SKD dan SKB. Pengumuman hasil akhir tersebut disiarkan hari ini, Jumat, 24 Desember 2021. Link pengumumannya dapat diakses di situs web https://basarnas.go.id/atau portal SSCASN.
Peserta CPNS Basarnas 2021 yang dinyatakan lulus passing grade dan berperingkat terbaik dari formasi yang dilamar memperoleh kode status kelulusan P/L.
Sementara, peserta dengan kode P/TL dan P/TMS-1 dinyatakan tidak lulus, namun berhak melakukan sanggahan. Selanjutnya, panitia seleksi CPNS Basarnas 2021 akan melakukan verifikasi ulang dan menjawab sanggahan pelamar berdasarkan syarat dan ketentuan berlaku.
Daftar nama peserta yang lulus maupun tidak lulus SKD dan SKB CPNS Basarnas 2021 bisa dicek melalui lampiran pengumuman nomor 18256/B-KS.04.01/SD/K/2021 yang bisa diunduh melalui tautan berikut:
Link Download Daftar Nama Peserta yang Lulus SKD dan SKB CPNS Basarnas 2021
Cara Cek Pengumuman Hasil CPNS Basarnas 2021
Selain melalui laman https://basarnas.go.id, pengumuman hasil seleksi CPNS Basarnas juga bisa dilihat di portal SSCASN mulai 24 Desember 2021.
Berikut cara cek pengumuman CPNS Basarnas 2021 di portal SSCASN.
- Buka laman https://sscasn.bkn.go.id/
- Pada menu bar klik "Login"
- Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta kata sandi pada kolom yang tersedia
- Klik "Masuk"
- SSCASN akan memuat pesan otomatis yang menyatakan apakah pelamar lulus atau tidak seleksi administrasi CPNS Basarnas 2021
Tahapan Selanjutnya Setelah Pengumuman CPNS Basarnas 2021
Setelah pengumuman hasil CPNS Basarnas 2021, setidaknya terdapat tiga tahapan yang dapat dilakukan peserta, mulai dari pemberkasan dokumen & pengisian DRH bagi yang lulus, melakukan sanggahan bagi yang belum lulus, dan usul penetapan NIP CPNS.
Penjelasan mengenai tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Melakukan pemberkasan dokumen bagi peserta yang lolos
Peserta yang dinyatakan lulus dalam pengumuman hasil CPNS Basarnas 2021 akan mendapatkan nomor induk pegawai (NIP) CPNS.
Sebelum resmi diangkat menjadi CPNS Basarnas, peserta harus melakukan pemberkasan dokumen dan mengisi daftar riwayat hidup (DRH) di laman https://sscasn.bkn.go.id/
Jadwal pemberkasan dokumen untuk peserta yang lolos CPNS Basarnas 2021 adalah mulai dari 7-21 Januari 2022.
Berikut ini dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan pemberkasan dokumen CPNS Basarnas 2021.
- Pasfoto formal berlatar belakang merah
- Ijazah yang digunakan sebagai dasar pelamaran
- Daftar riwayat hidup (DRH) yang ditandatangani dan bermaterai
- Surat keterangan sehat jasmani dan rohani
- Surat pernyataan lima poin
- SKCK yang diterbitkan kepolisian
- Surat keterangan tidak mengonsumsi atau menggunakan narkotika, psikotropika, precursor, dan zat adiktif lainnya.
Pemberkasan dokumen CPNS Basarnas 2021 dilakukan secara elektronik melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCUDigital), melalui laman https://docudigital.bkn.go.id/
Selanjutnya, tanda tangan pertimbangan teknis penetapan NIP CPNS Basarnas dilakukan secara digital atau digital signature.
Sebagaimana kondisi sebelumnya, dokumen-dokumen di atas bisa jadi akan mengalami perubahan.
Dengan demikian, peserta diharapkan terus memantau perkembangan rekrutmen CPNS Basarnas 2021 melalui situs webhttps://basarnas.go.id/
2. Cara sanggah pengumuman hasil CPNS Basarnas 2021
Bagi pelamar yang tidak dinyatakan lulus tetapi merasa sudah memenuhi seluruh persyaratan dapat mengajukan sanggah secara daring melalui SSCASN.
Masa sanggah CPNS Basarnas 2021 berlangsung selama 3 hari, mulai dari 25-27 Desember 2021
Berdasarkan panduan yang tercantum di laman SSCASN, pengajuan sanggah CPNS 2021 bisa dilakukan secara daring.
Pengajuannya menggunakan akun SSCASN masing-masing peserta dengan langkah-langkah berikut:
- Peserta melakukan login di laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login.
- Peserta menekan tombol "Ajukan Sanggah."
- Peserta mengisikan sanggahan dengan menjabarkan kronologis.
- Peserta mengunggah bukti-bukti pendukung yang diperlukan.
- Instansi akan memproses dan mengumumkan ulang hasil seleksi sesuai dengan yang dijadwalkan.
- Peserta memantau pengumuman hasil sanggah melalui akun SSCASN masing-masing atau kanal informasi resmi dari instansi yang dilamar.
Sebagai informasi tambahan, pengajuan sanggah tidak wajib dilakukan seluruh peserta yang tidak lulus, melainkan hanya peserta yang merasa keberatan dengan hasil akhir.
Jadwal Lanjutan CPNS Basarnas 2021
Kegiatan rekrutmen CPNS Basarnas 2021 dijadwalkan masih akan berlangsung hingga Februari 2022.
Setelah pengumuman hasil akhir dirilis, tahapan rekrutmen akan memasuki agenda masa sanggah dan jawab sanggah, pengumuman pasca sanggah, pemberkasan, hingga usul penetapan NIP.
Berikut jadwal lanjutan terbaru sesuai dengan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 18256/B-KS.04.01/SD/K/2021 tentang Perubahan Jadwal Lanjutan Seleksi Penerimaan CPNS Tahun 2021 (PDF).
No. Kegiatan Tanggal 1 Pengumuman Hasil Seleksi oleh PPK Instansi 23-24 Desember 2021 2 Masa Sanggah 25-27 Desember 2021 3 Jawab Sanggah 25 Desember 2021-3 Januari 2022 4 Pengumuman Pasca Sanggah 4-6 Januari 2022 5 Penyampaian Kelengkapan Dokumen dan Pengisian DRH 7-21 Januari 2022 6 Usul Penetapan NIP CPNS 22 Januari-22 Februari 2022