Pendaftaran SNMPTN 2021: Unair Buka Jalur Bagi "Ketua OSIS & Hafiz'

Oleh: Agung DH - 14 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pendaftaran SNMPTN di portal LTMPT dibuka mulai Senin 15 Februari pukul 15.00 WIB. Unair juga buka jalur khusus untuk Ketua OSIS atau hafiz.
tirto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan memulai pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2021 pada Senin 15 Februari pukul 15.00 WIB.

Pendaftaran SNMPTN 2021 ini dilakukan di www.snmptn.ltmpt.ac.id. Pendaftaran ditutup pada 24 Februari 2021.

Jalur SNMPTN merupakan satu di antara 3 jalur masuk perguruan tinggi negeri selain SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Jalur SNMPTN dilakukan melalui mekanisme seleksi yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN. Sedangkan jalur Seleksi Mandiri dilakukan menggunakan nilai hasil UTBK berdasarkan ketentuan tertentu yang dipersyaratkan PTN.

SNMPTN Golden Ticket Unair

Pada SNMPTN 2021 ini, Universitas Airlangga Surabaya membuka jalur Golden Ticket atau prestasi luar biasa untuk siswa pendaftar. Menurut Rektor Unair Prof Mohammad Nasih jalur prestasi luar biasa ini dibuka saat pada Selasa (16/2) hingga Sabtu (20/2) bersamaan dengan pendaftaran SNMPTN. Jalur prestasi luar biasa ini adalah jalur percepatan yang bisa diraih oleh pendaftar SNMPTN.


Nasih menjelaskan, jalur prestasi luar biasa ini merupakan mekanisme seleksi yang memungkinkan Unair untuk menjaring putra-putri terbaik bangsa.

"Pada mekanisme ini nilai akademik bukan suatu kemutlakan, melainkan mereka yang memiliki prestasi luar biasa. Meski bukan menjadi pertama, tetap saja nilai akademik menjadi penentu selanjutnya," ucap Nasih seperti dikabarkan Antara, Sabtu (13/2).

Kriteria Jalur Prestasi Luar Biasa Unair



Unair menetapkan beberapa kriteria melalui jalur ini, antara lain: prestasi luar biasa di institusi internasional, pernah menjadi Ketua OSIS, dan penghafal Al Quran atau hafiz.

Kriteria peserta SNMPTN yang bisa mengikuti jalur prestasi dari institusi internasional yang terpandang dan kredibel, serta linier dengan program studi yang dipilih.

Kriteria lain, memiliki kemampuan kepemimpinan, yakni pernah menjabat menjadi ketua OSIS dari sekolah terpandang dan sekolah dengan jumlah siswa tertentu.

"Selanjutnya penghafal Al-Quran ataupun penghafal kitab suci sesuai keyakinan yang berasal dari SMA atau sekolah yang tidak berbasis agama," katanya.

Nasih mengatakan siswa dengan kriteria tersebut dapat mendaftarkan diri melalui jalur Golden Ticket.

Secara umum, kuota mahasiswa baru di Unair pada tahun ini dibagi untuk tiga jalur, yakni jalur SNMPTN, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Mandiri.

"Kuota ini sedikit lebih banyak dari tahun lalu. Kuotanya masing-masing adalah untuk SNMPTN 30 persen, SBMPTN 40 persen dan Mandiri 30 persen. Kuota di jalur SNMPTN Unair sekitar 1.260 mahasiswa baru," katanya.

Syarat Jalur Prestasi Luar Biasa Unair


Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Dr Achmad Solihin menjelaskan syarat pendaftaran melalui jalur Prestasi Luar Biasa atau Golden Ticket yakni harus memilih Unair sebagai pilihan utama pada SNMPTN.

"Siswa harus mengikuti rangkaian acara Airlangga Education Expo (AEE) yang diselenggarakan secara daring dan mengisi absensi untuk mendapatkan bukti kehadiran, yang nantinya akan dilampirkan pada proses pendaftaran Golden Ticket," kata Solihin.

Syarat lain, siswa harus melakukan pendafraran di link yang tersedia untuk mengikuti jalur Golden Ticket.

"Setelah itu akan diproses dan diseleksi, lalu apakah kemampuan akademiknya masih dalam rentang yang bisa diterima. Pengumuman pada 24 Februari 2021 atau pada saat penutupan AEE," tuturnya.

Unair juga tidak membatasi peserta jalur Golden Ticket sehingga kuota penerimanya disesuaikan dengan kebutuhan masing masing fakultas. Penerima jalur Golden Ticket untuk Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) adalah masing-masing dua penerima, sedangkan bagi fakultas lainnya bisa lebih banyak.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2021 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Agung DH
Editor: Yantina Debora
DarkLight