Menuju konten utama
CPNS 2021

Pendaftaran CPNS & PPPK Kominfo 2021, Formasi, Format Surat Lamaran

Kominfo RI resmi membuka lowongan atau rekrutmen CPNS dan PPPK untuk tahun 2021. 

Pendaftaran CPNS & PPPK Kominfo 2021, Formasi, Format Surat Lamaran
Logo Kementerian Kominfo. FOTO/ppid.kominfo.go.id

tirto.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI resmi membuka lowongan atau rekrutmen CPNS dan PPPK untuk tahun 2021. Berikut ini panduan daftar CPNS dan PPPK Kominfo 2021, beserta formasi dan contoh surat lamaran serta surat pernyataan.

Dibukanya jalur CPNS maupun PPPK ini didasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI Nomor 985 Tahun 2021 Tanggal 16 Juni 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun Anggaran 2021.

Kebutuhan PNS di Kementerian Kominfo terbagi ke dalam 2 (dua) jenis kebutuhan, yaitu kebutuhan umum dan kebutuhan khusus yang secara lebih rinci dijelaskan sebagai berikut:

Kebutuhan Umum, dialokasikan bagi setiap WNI yang memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan.

Kebutuhan Khusus Lulusan Terbaik Berpredikat Cumlaude, dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri, dapat dilamar dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Dikhususkan bagi putra/putri yang mempunyai jenjang pendidikan paling rendah sarjana, tidak termasuk diploma empat.
  • Pelamar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi dalam negeri dengan predikat kelulusan “dengan pujian”/cumlaude dan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah.
  • Pelamar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi luar negeri dapat melamar pada kebutuhan khusus putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian”/cumlaude setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara “dengan pujian”/cumlaude dari kementerian yang menyelenggarakaan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
Kebutuhan Khusus Penyandang Disabilitas, dapat dilamar dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.
  • Menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar.
  • Kebutuhan Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat.
  • Pelamar yang melamar pada kebutuhan khusus putra/putri Papua dan Papua Barat merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan bapak dan/atau ibu asli Papua/Papua Barat yang dibuktikan dengan: (a) akta kelahiran atau surat keterangan lahir; dan (b) surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku.

Sedangkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah WNI yang memenuhi syarat tertentu, diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu, hanya bisa melamar di jabatan fungsional yang telah ditetapkan Kominfo dengan masa perjanjian kerja 1-5 tahun.

Panduan Pendaftaran CPNS/PPPK Kominfo 2021

Setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 (satu) jenis jalur kebutuhan ASN (PNS atau PPPK) serta hanya pada 1 (satu) instansi dan 1 (satu) kebutuhan jabatan, yaitu kebutuhan umum atau kebutuhan khusus. Kebutuhan khusus terdiri dari lulusan terbaik/cumlaude, penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat.

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

  • Setiap pelamar harus mendaftar melalui laman https://sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Pelamar mengunggah hasil scan/pindai berwarna dokumen dengan format dan ukuran file sesuai ketentuan yang terdapat pada portal https://sscasn.bkn.go.id, dokumen tersebut antara lain:
  1. Pas foto berwarna dengan ketentuan wajah terlihat jelas, berpakaian formal dengan latar belakang merah.
  2. E-KTP asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  3. Surat lamaran diketik menggunakan komputer, ditandatangani di atas materai Rp10.000 dan ditujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika.
  4. Ijazah asli.
  5. Transkrip nilai asli.
  6. Dokumen pendukung lainnya berupa:
  • Surat Pernyataan diketik menggunakan komputer, ditandatangani di atas materai Rp10.000.
  • Sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS khusus bagi pelamar jabatan yang penempatannya di Kementerian Kominfo. Sedangkan bagi pelamar jabatan penempatan di TVRI dan RRI tidak diperlukan Sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS.
  • Surat Keterangan yang menunjukkan akreditasi Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) khusus bagi pelamar yang ijazah/transkrip nilainya tidak mencantumkan keterangan akreditasi.
  • Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dan Nilai dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi khusus bagi pelamar lulusan Universitas luar negeri.
  • Surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara “dengan pujian”/cumlaude, khusus bagi pelamar yang di ijazah/transkrip nilainya tidak terdapat keterangan predikat kelulusan dengan pujian/cumlaude.
  • Surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan Cumlaude dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi khusus bagi pelamar lulusan Universitas luar negeri yang ingin melamar pada kebutuhan khusus cumlaude.
  • Akta kelahiran/surat keterangan lahir khusus bagi pelamar kebutuhan khusus Putra-Putri Papua/ Papua Barat.
  • Surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku khusus bagi pelamar kebutuhan khusus Putra-Putri Papua/ Papua Barat.
  • Surat keterangan dokter Rumah Sakit Pemerintah/ Puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat disabilitas, khusus bagi pelamar kebutuhan khusus penyandang disabilitas.
  • Link atau tautan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai Jabatan yang akan dilamar, khusus bagi pelamar kebutuhan khusus penyandang disabilitas.
  • Sertifikat keahlian (jika ada) sesuai persyaratan formasi jabatan yang dilamar yang terdapat pada persyaratan khusus pelamar.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

  • Setiap pelamar harus mendaftar melalui laman https://sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Pelamar mengunggah hasil scan/pindai berwarna dokumen dengan format dan ukuran file sesuai ketentuan yang terdapat pada portal https://sscasn.bkn.go.id, dokumen tersebut antara lain:
  1. Pas foto berwarna dengan ketentuan wajah terlihat jelas, berpakaian formal dengan latar belakang merah.
  2. E-KTP asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  3. Surat lamaran diketik menggunakan komputer, ditandatangani di atas materai Rp10.000 dan ditujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika.
  4. Ijazah asli.
  5. Transkrip nilai asli.
  6. Dokumen pendukung lainnya berupa:
  • Surat Pernyataan diketik menggunakan komputer, ditandatangani di atas materai Rp 10.000.
  • Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi khusus bagi pelamar lulusan Universitas luar negeri.
  • Surat keterangan dokter Rumah Sakit Pemerintah/ Puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat disabilitas, khusus bagi pelamar penyandang disabilitas.
  • Link atau tautan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar, khusus bagi pelamar penyandang disabilitas.
  • Surat Keterangan Pengalaman kerja di bidang yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar yang diterbitkan paling rendah oleh pejabat pimpinan tinggi pratama bagi pelamar yang memiliki pengalaman bekerja pada instansi pemerintah atau Direktur/Kepala Divisi yang membidangi Sumber Daya Manusia (Human Resource Development) bagi pelamar yang memiliki pengalaman bekerja pada perusahaan swasta/lembaga swadaya nonpemerintah/yayasan.

Formasi dan Surat Lamaran CPNS/PPPK Kominfo 2021

Unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi dalam pembukaan CPNS/PPPK di Kominfo 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Sekretariat Jenderal
  2. Inspektorat Jenderal
  3. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
  4. Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika
  5. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika
  6. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika
  7. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik
  8. Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI)
  9. Lembaga Penyiaran Televisi Republik Indonesia (LPP TVRI)

Adapun panduan dan pengumuman lengkap mengenai CPNS/PPPK, format surat lamaran, dan surat pernyataan dapat diakses melalui lama berikut ini:

Link Pendaftaran Panduan CPNS/PPPK Kominfo 2021

Link Format Surat Lamaran dan Surat Pernyataan CPNS/PPPK Kominfo 2021

Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan lainnya dari Iswara N Raditya

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Yantina Debora