Pemerintah akan Salurkan Subsidi Gaji Tahap II Akhir Pekan Ini

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 4 Nov 2020 15:57 WIB
Pemerintah mencatat hanya sekitar 12,4 juta penerima bantuan subsidi gaji dalam pemberian tahap pertama.
tirto.id - Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah mencatat hanya sekitar 12,4 juta penerima bantuan subsidi gaji dalam pemberian tahap pertama. Budi mengatakan, pemerintah akan segera mencairkan bantuan subsidi gaji tahap kedua dalam waktu dekat.

"Gelombang pertama sudah selesai disalurkan sekitar 12,4 juta, rencananya akhir minggu ini akan mulai lagi gelombang kedua akan disalurkan program bantuan subsidi gaji ke 12,4 juta penerima," kata Budi dalam konferensi pers secara daring Satgas PEN dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/11/2020).

Sebagai catatan, pemerintah sebelumnya menargetkan subsidi gaji atau program subsidi upah untuk 15,7 juta pekerja. Data penerima berasal dari data BPJS Ketenagakerjaan.


Akan tetapi, pemerintah lewat Kementerian Ketenagakerjaan mengoreksi angka penerima subsidi menjadi 12,4 juta pekerja. Keputusan tersebut diambil karena sebagian anggaran direlokasi sebagai bantuan untuk para tenaga honorer dan guru agama.

Budi pun mengatakan, realisasi serapan anggaran untuk bantuan subsidi gaji sudah mencapai setengah dari pagu anggaran yang mencapai sekitar Rp30 triliun untuk tahap pertama. Pemerintah akan segera mencairkan untuk tahap kedua. Pria yang juga Wakil Menteri BUMN itu memastikan pemerintah akan segera mencairkan dalam waktu 1 bulan hingga 1,5 bulan ke depan.

"Dalam 1 bulan-1,5 bulan ini kita akan juga selesaikan setengahnya. Ini merupakan program utama yang mesti kita kejar sampai akhir," kata Budi.



Baca juga artikel terkait SUBSIDI GAJI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri

DarkLight