PDIP Benarkan Kadernya yang Melabrak Rocky Gerung di Bareskrim

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 8 Sep 2023 16:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
DPD PDIP Jawa Barat memaklumi tindakan kadernya yang melabrak Rocky Gerung di Mabes Polri usai diperiksa di Bareskrim.
tirto.id - Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono membenarkan sosok pelabrak Rocky Gerung di Bareskrim Polri pada Rabu (6/9/2023) adalah kader PDIP asal Cianjur yang bernama Noviana Kurniati.
Sosok Noviana terekam kamera melabrak Rocky Gerung usai menjalani pemeriksaan untuk kasus dugaan penghinaan kepada Presiden Joko Widodo.


"Betul," kata Ono Surono saat dihubungi Tirto pada Jumat (8/9/2023).


Ono juga tidak akan memanggil Novi imbas tindakannya yang viral karena melabrak Rocky Gerung. Dia beralasan Novi tidak menggunakan atribut partai saat melabrak Rocky di Bareskrim.

"Tidak ada yang perlu dilakukan oleh partai selama yang bersangkutan tidak menggunakan nama dan atribut partai," kata Ono.


Dia memaklumi tindakan Novi tersebut sebagai bagian dari ekspresi atas kekecewaan terhadap Rocky Gerung yang dinilai telah mencederai nama baik Jokowi.

"Yang pasti, Novi bergerak tidak mengunakan nama partai dan tidak ada instruksi partai untuk melalukan aksi tersebut. Mungkin Novi dan kawan-kawannya bergerak menyikapi kegundahan anak bangsa tentang perilaku RG yang sudah kebablasan dalam hal mengkritik seorang presiden," ujarnya.


Sebelumnya, dalam foto dan video yang beredar di grup Whatsapp awak media, Rocky dan pengacaranya, Haris Azhar terlihat diadang massa yang mengenakan kaos bertuliskan Gerakan Nasional Tangkap Rocky Gerung. Belasan massa itu disebut telah menunggu kepulangan Rocky dan Haris di gerbang Mabes Polri.

"Kita enggak dorong, dorong cuma sekali, jangan jadi pengecut," teriak salah satu massa dalam video yang beredar.

Ketika dihadang massa, sejumlah petugas polisi pun mencoba mengamankan lokasi dengan menutup pintu. Haris dan Rocky pun kemudian masuk kembali area Mabes Polri. Dikonfirmasi terpisah, Rocky Gerung mengaku kondisi dirinya dan Haris dalam keadaan baik-baik saja.

"Aman tenteram," kata Rocky saat dikonfirmasi awak media lewat pesan singkat. Senada dengan Rocky, Kuasa hukum Rocky Gerung, Haris Azhar membenarkan bahwa mereka sempat dihadang massa saat hendak keluar dari pintu Mabes Polri.

"Benar [diadang massa). [Tapi] bukan serangan brutal," kata Haris saat dikonfirmasi reporter Tirto, Rabu (6/9/2023) malam.
Haris mengatakan dirinya dan Rocky dalam kondisi baik-baik saja setelah adangan massa itu.

"Kondisi kami secara fisik baik-baik," tutur Haris Azhar.


Baca juga artikel terkait ROCKY GERUNG DIADANG MASSA atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight