Nikita Mirzani dalam Talkshow Musafir Malam dan Lirik Lagu Iwa K

Oleh: Addi M Idhom - 20 Oktober 2020
Dibaca Normal 3 menit
Dalam talkshow Musafir Malam, Iwa K tak hanya menjadi host. Ia menjadikan obrolan dengan tamu, termasuk Nikita Mirzani, inspirasi untuk menulis lagu.
tirto.id - Musafir Malam lebih dari sekadar talkshow yang menyingkap sisi pribadi sejumlah artis. Tayangan di Mola TV yang dipandu musikus rap kenamaan Indonesia, Iwa K itu sekaligus bagian dari proses kreatif sang host.

Berdasarkan pengakuan Iwa K, dia mengambil inspirasi dari obrolan dengan sejumlah artis dalam acara tersebut untuk menulis lagu. Sejumlah lagu lantas lahir dan tertuang dalam album terbaru Iwa yang bertajuk "Musafir Malam." Dirilis pada Mei 2020, album ketujuh Iwa ini memuat 7 lagu.

Ihwal penamaan "Musafir Malam," tidak melulu terkait dengan nama talkshow yang dipandu Iwa. Dua kata itu, menurut Iwa, muncul di kepalanya karena dia kerap beraktivitas pada malam hari, termasuk untuk menulis.

"Gua seperti melakukan perjalanan pada malam-malam, itu dia [muncul kata] musafir," kata Iwa kepada Riri Reza saat mereka berbincang dalam live Instagram yang rekamannya disiarkan IGTV akun @milesfilms, Juni lalu.


Di sisi lain, Iwa memaknai "malam" sebagai bagian gelap dari kehidupan. Maka, ketika dua kata itu menjadi tema talkshow, Iwa berusaha mengajak para tamu acara Musafir Malam berbicara soal sisi gelap hidup mereka. Iwa pun mencari tahu bagaimana para artis itu mengatasi sisi gelapnya untuk melanjutkan hidup.

"Sisi gelap itu bukan untuk dijauhi. Itu bagian dari perjalanan kita," tutur Iwa.

Dari obrolan dengan perspektif demikian, Iwa melahirkan sejumlah lagu untuk melengkapi album "Musafir Malam." Salah satunya, lagu "I Wish" yang ditulis Iwa setelah berbincang dengan Vanessa Angel. Hasil obrolan saat acara talkshow Musafir Malam bareng Ariel Noah juga mengantarkan Iwa menelurkan sebuah lagu lain.

"Jadi setiap kali gua dapat obrolan di talkshow itu, gua pikir sayang kalau berhenti, harus diterusin dengan spirit musafir malam," ujar dia.


Di antara lagu dalam album "Musafir Malam" yang berkesan bagi Iwa adalah "Di Balik Nama." Iwa mengaku menulis lagu tersebut setelah berbincang bareng Nikita Mirzani, dalam talskhow di Mola TV yang dipandunya. Perbincangan itu bagi Iwa menarik karena membuatnya memahami sisi lain dari Nikita yang jarang terungkap ke media.

"Gua belum kenal Nikita, dan gua baru kenal dia saat itu [talkshow Musafir Malam]. Gua berangkat dengan frame gua sendiri, dan tiba-tiba wow. [...] Dia tak seperti yang gua banyangin selama ini," terang Iwa.

Dari segi konsep, talkshow Musafir Malam memang dikemas sebagaimana penjelasan Iwa. Dalam salah satu episode Musafir Malam, setelah Iwa bertemu Nikita, layar bergerak ke aktivitas rapper senior tersebut dalam menulis lagu.

Jika dalam album berjudul "Di Balik Nama," saat dinyanyikan dalam acara talkshow Musafir Malam, lagu tersebut bertajuk "Misteri Sebuah Nama."

Iwa sempat menyanyikan lagu ini di atas panggung kecil bersama kelompok musik yang terdiri dari sejumlah narapidana rutan Klas 1 Cipinang binaan Yayasan Jeera. Berikut lirik lagu tersebut.

Lirik "Di Balik Nama" / "Misteri Sebuah Nama"

Berjalan di batas ada dan tiada
Mengapung melintas telaga gulita
Sinaran meremang menghitam memuram
Menyulam keping kehidupan
Di lembah para bedebah
Ku menyaksikan api amarah
Dalam bencana demi bencana
Seperti kuda tanpa pelana
Ku mencoba mencarimu di situ
Di atap bumiku
Menatap awan yang berarak kelabu
Memanggil namamu
Yeahhh
Memanggil nama yang pernah kukenal dulu
Adakah dirimu di balik nama yang kerap
Terucap hati yang meminta
Dalam luka dan duka membuta
Nelangsa melata seorang anak manusia

Ada apa di balik sebuah nama
Ada apa di balik sebuah nama yang tersimpan
Ada apa
Ada apa di sini
Yeaah
Ada apa di sana
Ada apa di balik sebuah nama
Ada apa di balik terali besi
Tak Perlu menghujat bila kau tak tahu kondisi
Dan energi yang ada di sini
Kreativitas yang kita punya takkan berhenti
Selama hidup ini masih berotasi
Takkan berhenti dari hujatan kanan dan kiri
Kitakan berjalan terus meniti kehidupan
Ini hingga akhir nanti

Ada namamu
Yang tersimpan selalu
Dalam hatiku
Dalam jiwaku
Coba mengerti kabut dalam misteri
Elegi pagi membuka hari

Ada apa di balik sebuah nama
Ada apa
Sebuah nama yang tersimpan
Ada apa di sini
Yeahh
Ada apa di sana
Ada apa di balik terali besi
Ada di balik sebuah nama

Ada namamu
Yang tersimpan selalu
Dalam hatiku
Dalam jiwaku
Coba mengerti kabut dalam misteri
Elegi pagi membuka hari

Apalah arti sebuah matahari
Bila tak ada satu pun yang tersinari
Namun apalah kegelapan
Bila tak ada rahasia yang tersimpan


Yang Dibicarakan Iwa K dan Nikita Mirzani

Dalam acara talkshow Musafir Malam di Mola TV, Iwa K mengajak penonton mengulik kehidupan Nikita Mirzani dan kontroversi yang kerap mengikuti kabar tentang artis tersebut. Seperti biasa, Nikita tetap blak-blakan dan bicara dengan kesan apa adanya.

Pertanyaan-pertanyaan Iwa langsung disambar Nikita dengan kalimat tanpa tedeng aling mengenai awal perjalanan kariernya. Industri hiburan yang menurut Nikita "penuh kemunafikan". Keputusannya menggunakan dan melepas hijab. Hingga konfliknya dengan beberapa orang yang berujung pada kasus hukum dan penjara.


Kepada Iwa, Nikita mengaku senang dianggap sebagai rebel. Dia tak ambil pusing sekalipun semua orang cuma tahu hal-hal negatif tentang dirinya. "Yang baik-baik biar keluarga gua dan tuhan saja yang tahu."

Dalam menjalani hidup, Nikita mengaku menjadikan orang tuanya sebagai teladan, terutama sang bunda. Kedekatan dengan ibunya begitu membekas bagi Nikita. Maka, ia mengaku sangat terpukul saat sang ibu meninggal di usai 43 tahun karena mengidap kanker.

Kehilangan ibu pada usia 23 tahun bahkan membuat Nikita sempat nekat mau bunuh diri. Secara terang-terangan Nikita memperlihatkan kepada Iwa bekas luka di tangan hasil upayanya melepas hidup di tengah duka. Beruntung, ia mampu bangkit dan teringat pesan ibunya.

"Gua mau menjadi anak dia lagi di kehidupan berikutnya," ujar Nikita dengan mata sembab.


Nikita mengaku, kedekatan dengan keluarga dan anak-anaknya selama ini membuat artis itu tidak pernah menyerah menghadapi tantangan, termasuk sejumlah kasus hukum. Mengenai hal terakhir, Nikita memang memiliki rekam jejak panjang.

Kemunculan Nikita di dunia hiburan juga ditandai dengan kasus penganiayaan pada Februari 2010. Kala itu, ia melaporkan mantan kekasihnya sekaligus vokalis band The Potters, Kiki The Potters ke polisi karena kasus penyiraman air panas. Itu mengawali kasus-kasus pidana lain yang melibatkan Nikita, baik sebagai pelapor maupun terlapor hingga beberapa tahun kemudian.

Bagaimana cara Nikita menempatkan diri di tengah banyak kasus hukum yang membelit, sembari tetap eksis di industri hiburan? Pemirsa bisa menyaksikan obrolan lengkap Iwa K dan Nikita di Mola TV.

Baca juga artikel terkait ACARA MOLA TV atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - )

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Agung DH
DarkLight