Milenial Lebih Tertarik Beli Apartemen Ketimbang Rumah, Kenapa?

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 14 Apr 2023 15:35 WIB
Generasi milenial dan Gen Z lebih memilih menyewa atau membeli apartemen dibandingkan membeli rumah tapak.
tirto.id - Generasi milenial diperkirakan bakal makin kesulitan membeli produk properti seperti rumah tapak. Hal ini karena terjadi kesenjangan antara harga properti dengan kemampuan finansial generasi milenial.

Perencana Keuangan, Shierly menilai, generasi milenial dan Gen Z lebih memilih menyewa atau membeli apartemen dibandingkan membeli rumah tapak. Sebab apartemen dinilai lebih sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini.

Dia mengatakan pembelian apartemen disatu sisi lebih mudah karena pembelian tersebut lebih ke bangunannya jika dibandingkan rumah yang mengharuskan juga membeli tanah.

“Untuk beli apartemen kan lebih mudah ya karena kita membeli bangunannya dibandingkan rumah,” tutur Shierly kepada Tirto, Jumat (14/4/2023).

Sistem keamanan apartemen juga dinilai menjadi suatu kelebihan untuk para kaum milenial yang
ingin membeli apartemen. Sebab apartemen biasanya akan menyediakan keamanan dari satpam atau security yang stand by selama 24 jam.

Berbeda rumah seringkali jarang ada yang mempunyai fasilitas keamanan seperti adanya satpam. Maka, diharuskan mandiri dalam pengamanan rumah pribadi.

Lalu, perlu diperhatikan bagi para milenial yang ingin membeli apartemen pastinya akan lebih murah ketimbang rumah. Namun harus diperhatikan bahwa apartemen yang murah berdasarkan jenis dan tipe yang diinginkan.

"Jika ingin membeli apartemen yang murah, skala tempatnya akan lebih kecil atau seukuran studio," ujarnya.



Baca juga artikel terkait HUNIAN TOD atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Reja Hidayat

DarkLight