Mengenal Peraturan dan Teknik dalam Permainan Tenis Meja

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 21 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal aturan dalam bermain tenis meja dan istilah-istilah di dalamnya.
tirto.id - Tenis meja adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan yang berlawanan. Di Cina, nama resmi olahraga ini adalah "bola ping pong".

Dilansir dari laman Teamusa.org, untuk bermain tenis meja memerlukan lapangan kecil. Ukurannya sekitar 2,74 meter dan lebar 1,52 meter.

Jarak meja dari lantai yaitu 76 cm, dengan permukaan meja harus datar. Peralatan lainnya adalah bet atau raket tenis meja dengan salah satu sisi berwarna hitam, dan sisi lain warna apapun yang tidak ditetapkan secara khusus.

Sementara itu, bola tenis meja memiliki diameter kurang lebih 40 mm. Bola ini sebaiknya memilih yang sesuai standar agar didapat pantulan yang pas.

Aturan dasar tenis meja

Tenis meja memiliki aturan tersendiri yang khas. Aturan tersebut dapat dibagi menjadi menjadi beberapa kriteria:

Skor dan permainan

- Permainan dimainkan hingga salah satu pemain mencapai 11 poin.

- Pemain melakukan umpan servis dua kali masing-masing secara bergantian. Seorang pemain akan mendapatkan poin tanpa perlu memandang apakah didapat dari umpan servisnya sendiri atau tidak.

- Saat permainan mendapatkan skor 10-10 pada masing-masing pemain, maka pemain harus menang dengan dua poin. Dalam posisi ini, umpan servis dilakukan satu kali pada masing-masing pemain dan bergantian.

- Pada kompetisi , permainan dilakukan sebanyak 5 atau 7 kali. Permainan masing-masing akan dimenangkan saat pemain memperoleh kemenangan sejumlah 3 permainan atau 4 permainan.

Aturan servis

- Servis dilakukan denan melempar bola lurus ke atas dengan telapak tangan rata, dan tinggi minimal 16 cm.

- Memukul bola saat servis harus dilakukan di belakang permukaan meja.

- Bola harus terlihat jelas dalam umpan servis.

- Kalau bola mengenai net maka diulang. Tidak ada batasan atau pengurangan poin akibat pengulangan ini.

Aturan peralatan

- Menggunakan meja tenis meja dengan ukuran panjang 2,74 m, lebar 1,52 meter, dan tinggi dari lantai 76 cm.

- Bola harus standar dengan diameter kira-kira 40 mm.

- Raket tenis meja salah satu sisi harus hitam dan sisi lain warna apapun yang disetujui. Jaring tenis meja tinggi sekitar 15 cm.

Teknik pukulan tenis meja

Teknik pukulan raket tenis meja memengaruhi bagaimana bola menggelindung di area lawan. Penggunaan teknik yang tepat dapat membuat gerakan menipu sehingga lawan menjadi tak berkutik. Efeknya, poin bisa dirah dari kemenangan kecil.

Salah satu teknik pukulan tenis meja adalah spin. Spin membuat bola bergerak memutar. Akibatnya, saat bola menyentuh permukaan meja area lawan, dia akan bergerak sesuai arah putaran bola.

Jenis pukulan spin yaitu:

- Topspin

Topspin didapat dengan menggesekkan bola pada raket secara bersinggungan untuk mendapatkan gerakan melingkar pada bola. Pukulan ini mengarahkan gesekan bola dan raketke atas dan ke depan.

Topspin cocok untuk membalas pukulan saat bola cepat atau ketika bola datang sedikit lebih tinggi dari garis sejajar meja.

- Backspin

Kebalikan dari topspin, arah gerakan singgungan natara raket dan bola adalah ke bawah dan ke depan.

Backspin bisa dipakai lebih sering dengan gerakan cepat dan memutarkan bola yang jatuh dibawah gari sejajar meja.

- Sidespin

Dalam sidespin, gerakan singgungan raket dengan bola dilakukan ke arah samping. Sidespin ke kiri akan menghasil gerakan bola yang membelok ke kanan. Sidespin ke kanan akan membelokkan bola ke kiri.

Biasanya penggunaan sidespin ini nantinya secara otomatis menggabungkan dua gerakan yaitu topspin dan backspin. Jadi mungkin muncul kombinasi topspin dan sidespin, atau backspin dan sidespin.


Baca juga artikel terkait ATURAN PERMAINAN TENIS MEJA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight