Mengenal Teknik Rebound di Olahraga Basket dan Cara Melakukannya

Oleh: Balqis Fallahnda - 14 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal teknik rebound yang biasanya dilakukan pada permainan atau olahraga bola basket.
tirto.id - Rebound merupakan salah satu teknik dalam olahraga bola basket. Rebound ialah teknik mengambil bola pada saat tembakan gagal masuk ke ring. Rebound terdiri dari dua jenis yaitu rebound untuk menyerang dan rebound untuk bertahan.

Rebound sangat penting dalam permainan bola basket, saat tim menguasai rebound maka tim memiliki kesempatan lebih tinggi untuk menguasai bola, ini sangat bermanfaat untuk menyerang dan bertahan.

Kepemilikan bola yang tinggi membantu tim memenangkan pertandingan, demikian melansir USA Basketball.

Biasanya pemain yang melakukan rebound adalah pemain pada posisi center dan power forward.

Pemain yang mendapatkan rebound biasanya mereka yang memiliki fisik yang bagus, tak heran karena rebound juga biasa disebut sebagai pertarungan di bawah ring.

Pemain harus mendominasi di bawah ring untuk merebut dan mendapatkan bola saat melakukan rebound.

Dean Oliver mantan pemain NBA dan asisten pelatih tim basket pria di University of Iowa menyebutkan bahwa rebound utamanya rebound menyerang menyumbang 20 persen pengaruh untuk kemenangan tim.

Pentingnya rebound dapat dilihat pada masa kejayaan Chicago Bulls yang berhasil menyabet gelar juara NBA tiga tahun berturut-turut 1996-1998.

Di samping duet gemilang dari Michael Jordan dan Scottie Pippen, hampir semua orang setuju dengan salah satu fakta bahwa rebound dan pertahanan yang kuat dari salah satu rebounder terbaik sepanjang sejarah NBA Dennis Rodman merupakan salah satu senjata rahasia Bulls memenangkan pertandingan.

Setelah mengetahui pentingnya peran rebound pada pertandingan bola basket, berikut tips yang dapat dilakukan untuk melakukan rebound yang baik, seperti dilansir dari Breakthrough Basketball.

- Temukan pemain lawan untuk diblok atau melakukan box out. Jika pemain membiarkan pemain ofensif lawan tanpa pengawasan, dia dapat dengan mudah masuk untuk mengambil rebound dan mencetak gol dengan mudah.

- Maka dari itu, tindakan box out meruapakan kunci utama dalam mendapatkan rebound. Turunkan pinggul dengan kaki yang terbuka lebar (sebaiknya lebih lebar dari lawan), dan lakukan kontak. Julurkan lengan bawah untuk melakukan kontak dengan pemain lawan.

- Lakukan pivot mundur dan berputar jika perlu.

- Dorong pemain lawan menjauh dari keranjang menggunakan bokong dan kaki.

- Luruskan lengan ke samping sehingga lawan lebih sulit untuk menjangkau. Selalu sigap dengan ke mana arah tujuan pemain lawan yang kita blok.

- Usahakan kaki agar tetap di depan pemain.

- Setelah bola memantul di ring, lompat setinggi-tingginya untuk mengambil bola. Jika melakukan rebound menyerang, pemain dapat memasukkan kembali bola jika tidak masuk (putback).

- Namun, jika melakukan rebound bertahan, maka ambil bola dan amankan bola dengan cara “chin the ball” artinya meletakkan bola di bawah dagu dengan siku keluar. Hal ini mempersulit pertahanan untuk mencuri bola setelah mendapatkannya.

- Kemudian, berputar menjauh dari ring ke pinggir lapangan untuk melempar operan keluar ke pemain yang melesat atau penjaga yang terletak di dekat pinggir lapangan.


Baca juga artikel terkait MENGENAL TEKNIK REBOUND atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight