Mengenal Dogecoin, Alat Transaksi Uang Digital

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 6 Jan 2021 10:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal apa itu Dogecoin dan bagaimana cara untuk mengaksesnya.
tirto.id - Dogecoin yang bermata uang digital “cryptocurrency”, merupakan alat transaksi uang digital yang terdesentralisasi dan memungkinkan seseorang untuk bisa mengirim dan menerima uang melalui internet.

Dogecoin bermula dari sebuah lelucon di akhir tahun 2013, di mana terdapat meme “Doge”, yaitu seekor anjing yang wajahnya terkesan bingung. Anjing ini merupakan jenis Shiba Inu yang berasal dari negara sakura, Jepang.

Berdasarkan pendapat Dogecoin sendiri, anjing tersebut dijadikan sebagai maskot yang bisa mewakili kesenangan dan keramahan. Herannya, dengan lambang hewan lucu yang terlihat cukup konyol ini, Dogecoin bisa menarik perhatian orang-orang.

Mengutip pendapat dari Fortune, di beberapa tahun awal kehadiran alat transaksi uang digital ini terdapat seorang pengembang perangkat lunak, Jackson Palmer, yang menipu orang melalui fitur yang disediakan. Ia akhirnya meninggalkan proyek Dogecoin pada 2015.

Setelah kasus ini, awalnya Dogecoin mengalami penurunan citra. Namun, kini eksistensinya meluas dan terdengar kembali.

Saat ini, Dogecoin dapat digunakan sebagai dompet di komputer dan smartphone seseorang.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membeli barang dan jasa, serta menukar dengan mata uang lain seperti dolar Amerika Serikat.

Untuk bisa mengakses Dogecoin, seseorang harus menjalankan empat langkah berikut ini.

1. Dapatkan Dompet

Cara mendapatkan dompet Dogecoin cukup mudah. Kalian dapat mendownload aplikasi tersebut di perangkat laptop melalui link resmi dan smartphone melalui Play Store dengan kunci pencarian “Dogecoin Wallet”.

Setelah itu, seseorang sudah dianggap sebagai bagian dari komunitas Dogecoin dan dapat bertanya mengenai beberapa hal terkait transaksi. Seluruh pertanyaan akan dijawab oleh pihak Dogecoin untuk membantu seluruh anggotanya.

2. Dapatkan Beberapa Dogecoin

Jika sudah memiliki dompet, seseorang harus mendapatkan beberapa Dogecoin yang nantinya digunakan untuk transaksi.

Untuk memperoleh mata uang digital tersebut, seseorang bisa membeli, menukar, mendapatkan tip dari orang, berpartisipasi di komunitas, dan mengujungi beberapa situs yang masih berhubungan dengan Dogecoin.

Situs tersebut ada dua, Faucet dan InDogeWeTrust. Pada web Faucet seseorang bisa memperoleh Dogecoin secara gratis dengan memasukkan alamat dompet Dogecoinnya. Sedangkan, situs yang kedua menyuruh seseorang untuk menambang hasil transaksi dengan orang lain yang imbalannya Dogecoin.

3. Gunakan Dogecoin

Setelah punya dompet serta Dogecoin sebagai isinya, seseorang dapat menggunakan uang digital tersebut untuk membeli barang dan jasa melalui kode transaksi atau QR Code. Bahkan, pengguna Dogecoin juga dapat mengubah mata uang internet tersebut ke dalam satuan bentuk uang asli seperti rupiah melalui beberapa situs internet, seperti Indodax dan Dogechain.


Baca juga artikel terkait UANG DIGITAL atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Ekonomi)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight