Megawati Dipilih Secara Aklamasi Untuk Stabilkan Parpol Sampai 2024

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 12 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Megawati Soekarnoputri resmi dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024.
tirto.id - Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan PDIP Eva Kusuma Sundari menjelaskan, pemilihan Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri yang dilakukan secara aklamasi merupakan langkah kader untuk menjaga kondisi internal partai agar tetap stabil hingga tahun 2024.

"Capaiannya untuk [memenangkan] presiden kemudian untuk parlemen legislatif jadi menurut para delagasi itu 2024 itu krusial karena untuk memperkuat ketahanan dan kepemimpinan nasional. Dan tentu PDIP juga harus sangat cerdas sangat cermat sangat teliti untuk kemudian melakukan upaya-upaya bagi transisi tersebut sementara yang dipercaya itu hanya Ibu Megawati," jelas dia kepada wartawan Tirto.id, Senin (12/8/2019).

Ia menjelaskan, pemilihan Ketum ditunjuk atau dipilih berdasarkan masukan dari delegasi-delegasi yang terdiri dari pengurus kota dan provinsi. Saat kongres PDIP ke V berlangsung, para kader dan perwakilan dari kota dan provinsi memilih Megawati secara aklamasi.

"Nah kemarin itu di kongres secara aklamasi mereka meminta supaya Bu Megawati melanjutkan untuk menjadi ketum. Jadi ini full aspirasi dari delegasi kongres apakah ada kader yang lain banyak kadernya," terang dia.

Ia mengatakan, pengaruh Megawati sangat kuat setelah 20 tahun menjabat sebagai ketum. Para kader menilai, posisi tersebut sebaiknya dilanjutkan oleh Megawati yang pernah mengalami jatuh bangun untuk mempertahankan partai selama 20 tahun.

"Para ketua DPC dan ketua DPD masih mempercayai pada Ketum untuk melanjutkan untuk menjadi ketum dan ini di dorong oleh terutama kan Ketum yang terakhir itu kan menang mutlak kan," terang dia.

Megawati Soekarnoputri resmi dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024. Mega dikukuhkan setelah terpilih secara aklamasi pada Kongres ke-V PDIP yang digelar di Hotel Grand Inna Beach, Bali, Kamis (8/8/2019).

Dalam konferensi pers, Megawati membenarkan bahwa dirinya telah dikukuhkan kembali menjadi Ketua Umum PDIP untuk periode 2019-2024. Diakui Megawati, ia telah dipilih secara aklamasi setelah utusan dari DPD dan DPC memyampaikan pandangan umumnya, dan menyepakati secara aklamasi agar Megawati kembali pimpin partai banteng ini.

"Dari aspirasi bawah yang telah disampaikan pandangan umum yang dilakukan DPD dan DPC sebagai utusan, semua menghendaki secara aklamasi, saya diangkat lagi sebagai Ketum PDIP, periode 2019-2024," kata Megawati.


Baca juga artikel terkait PDIP atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight