Manfaat Minum Air Putih dan Kandungan Nutrisinya

Penulis: Abdul Hadi, tirto.id - 4 Des 2021 19:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mengonsumsi air putih delapan gelas (setara 2 liter) per hari bermanfaat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan.
tirto.id - Air minum merupakan kebutuhan pokok manusia. Setiap orang membutuhkan asupan cairan yang cukup setiap harinya. Mengonsumsi air putih delapan gelas (setara 2 liter) per hari bermanfaat mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Lantas, apa kandungan nutrisi dalam air putih?

Air putih yang baik adalah air mineral yang berasal dari mata air atau waduk alam. Kandungannya yang bersih dan tidak terkontaminasi bakteri jahat berguna untuk menunjang kesehatan tubuh.

Untuk manfaat pencernaan, air putih berguna untuk mencegah dan melawan konstipasi. Kandungan magnesium dalam air putih bermanfaat merelaksasi otot usus sehingga makanan mudah dicerna dan buang air besar menjadi lancar.


Kandungan Nutrisi Air Putih


Sebagian orang membedakan antara air putih dan air mineral. Namun, hal ini merupakan perbedaan istilah saja. Penyebutan air putih yang layak minum dalam artikel ini mengacu pada air mineral.

Infografik SC Manfaat Minum Air Putih
Infografik SC Manfaat Minum Air Putih. tirto.id/Sabit


Berdasarkan data Kasus Klinis Mineral dan Metabolisme Tulang (2016), air putih atau air mineral mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa baik bagi kesehatan tubuh sebagai berikut.

  • Magnesium
  • Kalsium
  • Bikarbonat
  • Natrium
  • Sulfat
  • Mineral
  • Fluorida

Kendati demikian, kandungan nutrisi air putih bervariasi tergantung dari mana asal air putih tersebut.

Air keran juga mengandung mineral, namun nutrisi sehatnya tidak sebaik air mineral yang dijual kemasan karena sudah ada standar gizinya dari dokter atau ahli kesehatan.

Manfaat Minum Air Putih bagi Kesehatan Tubuh


Minum air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya yang kaya gizi berguna untuk menunjang kebugaran dan menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Berikut ini sejumlah manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh, sebagaimana dilansir Healthline.

1. Menunjang kesehatan tulang

Asupan kalsium yang dikandung air putih berguna untuk menunjang kesehatan tulang, baik itu dari segi pertumbuhan atau keberlangsungannya.

Penelitian menunjukkan bahwa kalsium yang dikandung air putih dapat diserap tubuh sama efektif seperti kalsium susu.

Orang yang mengonsumsi air putih secara rutin akan memiliki kepadatan massa tulang lebih baik daripada yang tidak.

2. Menurunkan tekanan darah

Kurangnya kalsium dan magnesium pada tubuh dapat memicu tekanan darah tinggi. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal itu berpotensi mengakibatkan sakit jantung.

Karena itu, air putih yang mengandung mineral dan magnesium tinggi disarankan untuk rutin diminum, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi.

3. Menguatkan jantung

Minum air putih dengan rutin berguna menguatkan jantung. Riset menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi air mineral dapat menurunkan tingkat trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).


Baca juga artikel terkait AIR PUTIH atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Addi M Idhom

DarkLight