Menuju konten utama

Link Rincian Formasi PPPK Kemkominfo 2023 PDF dan Cara Daftarnya

Rincian formasi PPPK 2023 Kominfo dan tata cara pendaftarannya.

Link Rincian Formasi PPPK Kemkominfo 2023 PDF dan Cara Daftarnya
Sejumlah Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berjalan usai upacara penyerahan surat keputusan di Halaman Pendopo, Kabupetan Ciamis, Jawa Barat, Senin (29/5/2023).ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.

tirto.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah mengumumkan jumlah formasi dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023.

Sementara itu, pendaftaran seleksi PPPK 2023 telah dibuka mulai hari ini, Rabu (20/9/2023). Adapun pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 9 Oktober 2023 mendatang melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/.

Rincian Formasi PPPK 2023 Kemkominfo

Berikut ini sejumlah rincian formasi dalam seleksi PPPK 2023 Kemkominfo:

  • Pranata Hubungan Masyarakat
  • Analis Hukum
  • Analis Kebijakan
  • Analis Sumber Daya Manusia Aparatur
  • Arsiparis
  • Instruktur
  • Penerjemah Bahasa Inggris
  • Pengelola Pengadaan Barang/Jasa
  • Pengendali Frekuensi Radio
  • Perencana
  • Pranata Hubungan Masyarakat
  • Pranata Komputer
  • Pustakawan
  • Dosen
  • Asisten Penguji Perangkat Telekomunikasi
Untuk informasi lebih lanjut terkait rincian formasi dalam seleksi PPPK 2023 Kemkominfo, bisa mengakses link PDF berikut ini:

Rincian Formasi PPPK 2023 Kemkominfo PDF

Tata Cara Pendaftaran PPPK Kemkominfo 2023

Tata cara dalam mendaftar seleksi PPPK Kemkominfo 2023 sebagai berikut:

1. Pelamar harus mendaftar melalui laman https://sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

2. Pelamar mengunggah hasil scan/pindai berwarna. Adapun dokumen, format dan ukuran file sesuai ketentuan yang terdapat pada portal https://sscasn.bkn.go.id, dokumen tersebut antara lain:

  1. Pas foto berwarna terbaru dengan ketentuan wajah terlihat jelas, berpakaian formal (kemeja) dengan latar belakang merah.
  2. Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) asli berwarna atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  3. Surat Pernyataan ditulis tangan dengan tinta hitam atau diketik serta ditandatangani dan dibubuhi e-meterai (meterai elektronik) Rp. 10.000 sesuai dengan ketentuan pada SSCASN (format surat terdapat pada lampiran pengumuman ini).
  4. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam atau diketik yang ditujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai (meterai elektronik) Rp. 10.000 sesuai dengan ketentuan pada SSCASN. (format surat terdapat pada lampiran pengumuman ini). (surat pernyataan dan surat lamaran menggunakan e-meterai yang ditetapkan dengan kebijakan Panselnas. Nomor seri e-meterai harus berbeda, tidak diperbolehkan 1 (satu) e-meterai untuk 2 (dua) dokumen tersebut. E-meterai dapat dibeli melalui https://meteraielektronik.com).
  5. Ijazah asli.
  6. Transkrip Nilai asli.
  7. Dokumen pendukung lainnya, yaitu:
1) Surat Keterangan yang menunjukkan akreditasi Program Studi dan Universitas/Perguruan Tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) khusus bagi pelamar yang ijazah/transkrip nilainya tidak mencantumkan keterangan akreditasi.

2) Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi khusus bagi pelamar lulusan Universitas Luar Negeri.

3) Surat keterangan dokter Rumah Sakit Pemerintah/ Puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat disabilitas, khusus bagi pelamar penyandang disabilitas.

4) Link atau tautan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai Jabatan yang akan dilamar, Khusus bagi pelamar penyandang disabilitas.

5) Setiap pelamar wajib memiliki pengalaman di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar pada saat pendaftaran yang dibuktikan dengan surat keterangan bekerja ditandatangani oleh pimpinan unit kerja.

Jadwal dan Tahapan Pendaftaran PPPK 2023

Berikut adalah jadwal dan tahapan dalam pendaftaran seleksi PPPK 2023:

  • Pengumuman Seleksi: 19 September - 3 Oktober 2023
  • Pendaftaran Seleksi: 20 September - 9 Oktober 2023
  • Seleksi Administrasi: 20 September - 12 Oktober 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 13 - 16 Oktober 2023
  • Masa Sanggah: 17 - 19 Oktober 2023
  • Jawab Sanggah: 17 - 21 Oktober 2023
  • Pengumuman Pasca Sanggah: 20 - 26 Oktober 2023
  • Penarikan data final: 27 - 29 Oktober 2023
  • Penjadwalan Seleksi Kompetensi: 30 Oktober - 2 November 2023
  • Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat Seleksi Kompetensi: 3 - 6 November 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi: 8 November - 2 Desember 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan: 13 November - 4 Desember 2023
  • Pengolahan Nilai Seleksi Kompetensi: 28 November - 7 Desember 2023
  • Pengumuman Kelulusan: 4 - 13 Desember 2023
  • Pengisian DRH NI PPPK: 14 Desember 2023 - 12 Januari 2024
  • Usul Penetapan NI PPPK: 13 Januari - 11 Februari 2024

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan lainnya dari Tifa Fauziah

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Dipna Videlia Putsanra