Link Download Materi Khotbah Salat Jumat dari Kemenag Gratis

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 21 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Link download materi khotbah Salat Jumat gratis dari Kementerian Agama.
tirto.id - Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan materi khotbah Salat Jumat sebagai bagian dari upaya mendukung peningkatan kualitas para pemuka agama/khatib.

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam webinar, Selasa (20/10/2020) mengatakan, pada masa kini diperlukan materi khotbah yang berwawasan sesuai perkembangan zaman.

"Saat ini diperlukan materi khotbah Salat Jumat yang responsif dan relevan dengan perkembangan zaman," kata dia, seperti dikutip Antara News.

Ia mengatakan selama ini Kemenag telah menyiapkan naskah-naskah khotbah Shalat Jumat gratis, termasuk naskah yang isinya menyasar generasi milenial.

Bahan-bahan khotbah dapat diunduh melalui laman http://simbi.kemenag.go.id/. Laman tersebut bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

Menurut dia, Kemenag berupaya menjalankan program-program yang tujuannya untuk mempromosikan moderasi beragama.

Selain penyediaan materi khotbah, kata dia, Kemenag juga melakukan pembaruan buku-buku ajar, pembinaan penceramah berwawasan kebangsaan, pembentukan Pokja Moderasi Beragama dan penyusunan buku Moderasi Beragama.

Amin mengatakan program itu merupakan bagian dari meningkatkan intensitas penyelesaian konflik intraumat beragama melalui konten-konten yang menyejukkan dan berwawasan Islam moderat.

Bacaan Niat Salat Jumat


Menjalankan ibadah salat harus didahului dengan niat terlebih dahulu. Bacaan niat semua salat, pada dasarnya sama dan perbedaan hanya terletak pada salat apa yang sedang dikerjakan tersebut dan juga jenis salatnya antara wajib atau sunnah.

Hukum salat Jumat adalah fardu ‘ain atau bagi laki-laki apabila terpenuhi syarat-syarat wajibnya. Allah berfirman dalam Surah Al-Jumu‘ah ayat 9 yang berbunyi sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِي لِلصَّلاةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ الله وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya, "Hai orang-orang beriman, apabila kamu diseru untuk menunaikan salat Jumat, maka bersegeralah kamu mengingat Allah. Tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Bacaan niat salat Jumat sebagai imam adalah sebagai berikut.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ اَدَاءً اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli fardhol jum’ati rak’ataini adaa-an imaaman lillaahi ta’ala

Artinya, "Aku niat melakukan salat Jumat 2 rakaat sebagai imam, karena Allah Taala".

Sementara ketika sebagai makmum, maka niatnya adalah sebagai berikut.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushollii fardhol jum’ati rak’ataini adaa-an ma-muuman lillaahi ta’aala

Artinya, "Aku niat melakukan salat Jumat 2 rakaat sebagai makmum, karena Allah Taala".



Baca juga artikel terkait SALAT JUMAT atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight