Libur Lebaran Hari Kedua, Pengunjung TMII Capai 19.449 Orang

Penulis: - 4 Mei 2022 05:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Libur Lebaran hari kedua, jumlah pengunjung tempat wisata TMII di Jakarta Timur capai 19.449 orang, Selasa (3/5/2022).
tirto.id - Sebanyak 19.449 orang mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur pada hari kedua Idul Fitri 1443 Hijriah, Selasa (3/5/2022).

Direktur Eksekutif TMII, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, jumlah itu berdasarkan penjualan tiket masuk hingga pukul 18.00 WIB.

"Jumlah pengunjung yang masuk TMII perorangan atau tiket secara 'online' 19.449," kata Sedana di Jakarta, Selasa.

Sedana menambahkan, jumlah kunjungan wisatawan pada H+1 Lebaran itu jauh meningkat dibandingkan dengan hari sebelumnya sejak TMII dibuka kembali pada 30 April 2022.

"Peningkatan hampir 95 persen," ujar Sedana.

TMII yang masih dalam tahap renovasi untuk menyambut acara G20 membatasi jumlah kapasitas wisatawan hanya 50 persen.

"Pembatasan kunjungan 50 persen atau 30.000 orang untuk umum," tutur Sedana.

Akses Menuju TMII Sempat Macet


Arus lalu lintas menuju lokasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, macet hingga satu kilometer pada Lebaran H+1 1443 Hijriah.

Kasatlantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan kemacetan itu terjadi akibat antrean di pintu masuk menuju TMII di Jalan Hankam.

"Arus lalu lintas bisa kita lihat sedikit ada kepadatan karena antrean walaupun sudah kita buka empat pintu. Namun demikian secara keseluruhan masih bisa mengalir lancar," kata Edy Surasa di Jakarta, Selasa.

Edy menambahkan akses utama untuk masuk ke TMII saat ini sedang ditutup karena masih dalam tahap renovasi. Namun, pihak pengelola TMII menyiapkan akses lain bagi pengunjung.

"Untuk di kawasan Taman Mini ada tiga akses yang kita buka, Pintu 2, kemudian Pintu 3, dan Pintu 4," ujar Edy.

Sebanyak 20 petugas kepolisian dari Satlantas Polres Metro Jakarta Timur dibantu Polsek Cipayung pun melakukan rekayasa arus lalu lintas bagi pengunjung yang masuk ke TMII.

"Sudah kita buat rekayasa yang tadinya orang-orang mau berbondong-bondong ke Pintu 3, kita luruskan ke Pintu 4 biar arusnya bisa terbagi," tutur Edy.


Baca juga artikel terkait LIBUR LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Antara
Editor: Maya Saputri

DarkLight