Lee Chong Wei Dikabarkan Bakal Gantung Raket pada 13 Juni 2019

Oleh: Oryza Aditama - 12 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, akan menggelar konferensi pers Kamis (13/6/2019), di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia.
tirto.id - Pahlawan bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei diklaim oleh media Malaysia, thestar.com.my, akan segera mengumumkan keterangan resmi untuk mengundurkan diri dari dunia bulu tangkis. Pemain yang telah berkiprah selama 19 tahun tersebuthendak mengumumkan keputusan gantung raket pada Kamis (13/6/2019).

“Chong Wei tampaknya akan mengumumkan pensiun besok (13 Juni),” tulis thestar.com.my, Rabu (12/6/2019).

Pria kelahiran Bagan Serai, Perak, Malaysia, pada 21 Oktober 1982 tersebut dikenal sebagai salah satu pemain bulu tangkis sektor tunggal putra tersukses yang pernah dimiliki oleh Malaysia. Terhitung 69 gelar juara perorangan telah berhasil dikumpulkan Lee Chong Wei di sepanjang kariernya.

Namun pemain berusia 36 tahun tersebut juga dikenal kurang beruntung jika menyangkut kejuaraan bulu tangkis event utama seperti Olimpiade, Kejuaraan Dunia, atau Asian Games. Ia tercatat tiga kali beruntun mesti menelan pil pahit di final Olimpiade sektor tunggal putra.

Final Olimpiade 2008 dan 2012 ia dikandaskan legenda hidup Cina, Lin Dan. Sementara di partai puncak Olimpiade 2016, ia lagi-lagi kalah di tangan pemain Cina lainnya, Chen Long.

Di ajang Kejuaraan Dunia, medali tertinggi Lee Chong Wei juga hanya sebatas medali perak saja. Kejuaraan Dunia 2011 dan 2013 ia takluk di tangan Lin Dan. Sedangkan edisi tahun 2015, ia dikandaskan Chen Long.

Satu koleksi medali perak Asian Games ia dapatkan pada edisi 2010, saat harus kembali takluk di tangan sang musuh bebuyutan Lin Dan.

Lee Chong Wei mulai vakum dari turnamen resmi bulu tangkis dunia sejak bulan Juli 2018, saat ia divonis telah menderita penyakit kanker hidung.

Sejak saat itu, pemain yang juga pernah mengantar timnas bulu tangkis Malaysia menyabet gelar runner-up Piala Thomas 2014 tersebut lebih banyak disibukkan untuk menjalani perawatan kesehatan di Taiwan.

Kendati kondisi Chong Wei sempat membaik pada awal tahun ini dan sempat dikabarkan bakal melakukan come back di ajang All England 2019 dan Malaysia Open 2019, pada kenyataannya hal itu urung terlaksana.

Kini dikabarkan jika Lee Chong Wei akan menggelar konferensi pers di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia pada Kamis besok (13/6). Diduga kuat, event tersebut adalah pengumuman Lee Chong Wei untuk gantung raket.

"Kami mendukung dan menghormati keputusan apa pun yang dibuat Chong Wei. Kami tidak akan melupakan kontribusinya kepada negara," ujar Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, seperti dikutip dari thestar.com.my.


Baca juga artikel terkait BULU TANGKIS atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus