Ketua PAN Zulkifli Hasan Akui Bertemu Jusuf Kalla Bahas Pilpres

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.
Oleh: M. Ahsan Ridhoi - 14 Maret 2018
JK memberikan saran dan pandangan-pandangannya dalam menghadapi tahun politik 2019.
tirto.id - Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengakui bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Selasa (13/4/2018) untuk membahas Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Paling tidak saya menyampaikan pikiran-pikiran agar tidak ada koalisi itu seperti dua blok," kata Zulkifli di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2018).

Ia mengaku, dalam pertemuan tersebut JK memberikan saran dan pandangan-pandangannya dalam menghadapi tahun politik 2019 agar suasana tidak gaduh. Salah satunya mengupayakan terwujudnya koalisi nasional.

"Jadi kami tukar pikiran tentang pemilu atau Pilpres, Pileg yang berkualitas. Itu lah kira-kira," kata Zulkifli.

Akan tetapi, Zulkifli mengklaim tak ada pembahasan mengenai koalisi Pilpres 2019 antara dirinya dan JK. Karena, menurutnya, pertemuan tersebut tidak dimaksudkan sebagai konsolidasi politik.

"Saya memang bertemu berkala dengan presiden dan wakil presiden," kata Zulkifli.

Zulkifli dalam Rakernas PAN tahun lalu telah ditetapkan sebagai calon presiden dari partai berlambang matahari terbit tersebut. Belakangan ia pun kerap bersafari politik.

Bulan lalu, Zulkifli melakukan pertemuan terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor. Dalam pertemuan tersebut ia mengakui ada membahas soal Pilpres 2019.

Tidak hanya itu, Zulkifli juga bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, hari ini, Rabu (14/3/2018) dan rencananya akan bertemu dengan Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Ini kan tokoh-tokoh bangsa yang perlu kita ajak bicara ya agar tidak dua blok berlawanan seperti itu," kata Zulkifli.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya M. Ahsan Ridhoi
(tirto.id - Politik)

Reporter: M. Ahsan Ridhoi
Penulis: M. Ahsan Ridhoi
Editor: Alexander Haryanto
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live
a