Ketua Kadin Dukung Jokowi-Ma'ruf, Wakilnya Pilih Prabowo-Sandiaga

Oleh: Felix Nathaniel - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pada hari yang sama, pengurus Kadin menghadiri deklarasi dukungan untuk capres-cawapres yang berbeda. Ketua Umum Kadin mendukung Jokowi, sementara sejumlah wakilnya memilih Prabowo.
tirto.id - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani memimpin deklarasi dukungan 10.000 Pengusaha untuk Jokowi-Ma'ruf Amin di Istora Senayan, Jakarta pada Kamis (21/3/2019).

Dalam sambutannya di depan Jokowi, Rosan mengatakan Pilpres 2019 akan menentukan nasib bangsa Indonesia dan mengimbau para pengusaha menggalang dukungan untuk paslon 01.

"Kita harus pastikan karyawan kita mencoblos 01. Lima menit itu [di TPS] menentukan nasib bangsa kita dan yang paling penting nasib NKRI. Mari kita rapatkan barisan," kata Rosan dalam deklarasi itu.

Sebaliknya, pada hari yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Suryani S. Motik menghadiri silaturahmi Aliansi Pengusaha Indonesia dengan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Saat berbicara di acara itu, Suryani mengaku ada risiko yang harus ia tanggung ketika mendukung Prabowo-Sandiaga. Meski begitu, dia tetap mendukung paslon 02 tersebut atas dasar persahabatan dengan Sandiaga.

"Teman-teman Kadin yang ada di sini die hard semua," kata Suryani di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Dia menambahkan dirinya dan sebagian temannya di Kadin memiliki keresahan dengan kemunduran sektor bisnis di Indonesia selama ini.

Dalam pertemuan itu, Suryani mewakili Aliansi Pengusaha Indonesia membacakan rekomendasi yang salah satu isinya adalah pernyataan komitmen mendukung Prabowo-Sandiaga di pilpres 2019.

"Mari bersama-sama mewujudkan harapan ini kepada pemimpin baru kita, Prabowo-Sandi," ujar dia.

Sementara Wakil Ketua Umum Kadin lainnya, Erwin Aksa mengaku puas dengan kedatangan sejumlah pengurus organisasinya dan para pengusaha di acara tersebut.

Menurut Erwin, para pebisnis biasanya enggan menunjukkan dukungan secara tegas kepada capres-cawapres. Namun, saat ini, banyak pengusaha mau bersikap terbuka soal dukungan politiknya.

"Ternyata para pelaku-pelaku usaha semua berdiri, berdiri untuk Indonesia menang adil dan makmur," kata politikus Golkar tersebut. "Enggak ada yang takut proyeknya dipotong."


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Addi M Idhom
DarkLight