Sidang Tahunan MPR 2022

Jokowi Pamer Indonesia Tidak Impor Beras dalam Tiga Tahun Terakhir

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 16 Agu 2022 12:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim Indonesia sudah berhasil mencapai swasembada beras selama tiga tahun terakhir.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim Indonesia sudah berhasil mencapai swasembada beras selama tiga tahun terakhir. Hal itu terlihat dalam kurun waktu tersebut, pemerintah tidak pernah melakukan impor beras.

"Untuk beras konsumsi, kita sudah tidak lagi impor dalam tiga tahun terakhir," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan DPR/MPR di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Jokowi menuturkan capaian swasembada beras tersebut tidak lepas dari pembangunan bendungan dan irigasi. Karena keduanya mendukung peningkatan produktivitas nasional.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengapresiasi atas penghargaan dari International Rice Research Institute. Lembaga tersebut menilai Indonesia mampu mencapai sistem ketahanan pangan dan swasembada beras sejak tahun 2019.


Untuk diketahui, Lembaga Internasional Pusat penelitian beras dunia, International Rice Research Institute (IRRI) memberikan penghargaan kepada pemerintah karena selama tiga tahun terakhir mampu mencapai swasembada beras secara berturut-turut. Penghargaan ini diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (14/8/2022) kemarin.

IRRI menjelaskan Indonesia mencapai swasembada lantaran mampu memenuhi kebutuhan pangan pokok domestik beras, lebih dari 90 persen. Diketahui, produksi beras nasional dari tahun 2019 konsisten berada di angka 31,3 juta ton sehingga berdasarkan hitungan Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah stok akhir di April 2022 tertinggi di angka 10,2 juta ton.





Baca juga artikel terkait SIDANG MPR 16 AGUSTUS 2022 atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight