Jokowi-Ma'ruf Amin Resmi Jadi Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 20 Oktober 2019
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) telah resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.
tirto.id - Joko Widodo dan Ma'ruf Amin(Jokowi-Ma'ruf) telah resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Hal ini ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan oleh keduanya dan penandatanganan berita acara pelantikan yang dilaksanakan hari ini, Minggu (20/10/2019).

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Menjalankan undang-undang dasar dan seluruh undang-undang dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Jokowi mengucapkan sumpah sebagai presiden, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Setelah Jokowi, giliran Ma'ruf Amin yang mengucapkan sumpah jabatan sebagai wakil presiden untuk menggantikan JK.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Menjalankan undang-undang dasar dan seluruh undang-undang dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Ma'ruf Amin.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara itu kepada Jokowi-Ma'ruf Amin.

Selain itu, ada penyerahan kekuasaan simbolik, yaitu Jokowi dipersilakan duduk di kursi presiden dan Ma'ruf Amin duduk di kursi wapres menggantikan Jusuf Kalla.



Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih ini disaksikan sebanyak 711 Anggota MPR 2019-2024. Hadir pula Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Wakil Presiden ke-5 Hamzah Haz.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf juga disaksikan pesaingnya saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Selain itu, sejumlah Gubernur juga turut menghadirinya, di antaranya ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.



Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Maya Saputri
DarkLight