Jokowi-Ma'ruf Amin Menang Telak di TPS Sri Sultan HB X

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 April 2019
Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat 172 suara di TPS 15, tempat Sultan HB X mencoblos.
tirto.id - Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang telak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15, Kraton, Panembahan, Yogyakarta.

TPS ini merupakan tempat Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mencoblos, Rabu (17/4/2019).

Hasil penghitungan suara yang dilakukan petugas kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) TPS 15 menyebutkan pasangan 01 mendapat 172 suara, sedangkan pasanga capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga hanya memperoleh 55 suara.

Surat suara pemilih presiden dan wakil presiden yang gugur atau tidak sah berjumlah empat surat suara.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS yang berada di dekat lingkungan Keraton Yogyakarta itu sebanyak 285 pemilih ditambah 7 orang yang masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Sri Sultan HB X menggunakan hak pilih didampingi GKR Hemas, anak-anaknya (kecuali GKR Mangkubumi dan suami), menantu, dan cucu pada pukul 07.30 WIB.

Sri Sultan HB X mendatangi TPS dengan berjalan kaki. Begitu tiba, HB X dan rombongan langsung mendaftarkan diri, kemudian duduk di kursi khusus yang telah disediakan panitia.

Sebelum HB X tiba, sejumlah warga telah mendahului datang ke TPS sejak pukul 07.00 WIB, jadwal TPS dibuka.

Berdasarkan pengamatan reporter Tirto, hal yang unik dari TPS 15 Kraton adalah para petugas KPPS yang seluruhnya menggunakan pakaian adat Jawa.

Sri Sultan dan GKR Hemas mencoblos dengan mengenakan batik berwarna merah dan rombongannya memakai batik coklat. Sementara warga yang datang mengenakan pakaian bebas.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Maya Saputri