Sri Sultan HB X Tiba di TPS Pukul 07.30 WIB untuk Gunakan Hak Pilih

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 17 April 2019
Sri Sultan Hamengkubuwono X tiba di TPS 15, Kraton, Panembahan, Yogyakarta pada Rabu (17/4/2019).
tirto.id - Sri Sultan Hamengkubuwono X tiba di TPS 15, Kraton, Panembahan, Yogyakarta pada Rabu (17/4/2019).

Sri Sultan tiba didampingi GKR Hemas, anak-anaknya (kecuali GKR Mangkubumi dan suami), menantu, dan cucu pada pukul 07.30 WIB.

Sri Sultan HB X mendatangi TPS dengan berjalan kaki. Begitu tiba, HB X dan rombongan langsung mendaftarkan diri, kemudian duduk di kursi khusus yang telah disediakan panitia.

Sebelum HB X tiba, sejumlah warga telah mendahului datang ke TPS sejak pukul 07.00 WIB, jadwal TPS dibuka. Namun, HB X belum bisa langsung mencoblos karena hingga saat ini panitia masih membuka dan menata surat suara.

Di TPS Panembahan, tercatat ada 285 DPT, tapi dalam data tersebut ada beberapa nama yang dicoret, dengan rincian satu orang meninggal dunia, empat orang terdaftar ganda, dan satu orang pindah tempat memilih, sehingga terhitung ada 279 orang yang akan memilih di TPS Sultan.

Berdasarkan pengamatan reporter Tirto, hal yang unik dari TPS ini adalah para petugas KPPS yang seluruhnya menggunakan pakaian adat Jawa.

Sri Sultan dan GKR Hemas hari ini mengenakan batik berwarna merah dan rombongannya memakai batik coklat. Sementara warga yang datang mengenakan pakaian bebas.

Masyarakat Indonesia hari ini melakukan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Pilpres diikuti dua pasangan calon yaitu Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, sedangkan Pileg 2019 bakal diikuti sebanyak 20 partai plus 4 partai lokal Aceh.

Partai-partai itu memperebutkan 575 kursi DPR, 2.207 kursi DPRD Provinsi, dan 17.610 kursi DPRD Kabupaten/Kota. Pemilu Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD dilaksanakan serentak dengan Pemilu Presiden.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight