Tiba di TPS, Sri Sultan HB X Menunggu Persiapan Panitia

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 17 April 2019
Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X tiba di TPS 15, Kraton, Panembahan, Yogyakarta. Dia didampingi GKR Hemas, anak-anaknya (kecuali GKR Mangkubumi dan suami), menantu, dan cucunya.
tirto.id - Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X tiba di TPS 15, Kraton, Panembahan, Yogyakarta. Dia didampingi GKR Hemas, anak-anaknya (kecuali GKR Mangkubumi dan suami), menantu, dan cucunya.

HB X mendatangi TPS dengan berjalan kaki. Begitu tiba, HB X dan rombongan langsung mendaftarkan diri, kemudian duduk di kursi khusus yang telah disediakan panitia. Namun dia belum bisa langsung mencoblos karena hingga saat ini panitia masih membuka dan menata surat suara.

Di TPS Panembahan, tercatat ada 285 DPT. Namun dalam data tersebut ada beberapa nama yang dicoret, dengan rincian: satu orang meninggal dunia, empat orang terdaftar ganda, dan satu orang pindah tempat memilih. Sehingga terhitung ada 279 orang yang akan memilih.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan tingkat partisipasi pemilih (TPP) pada Pemilu 2019 sebesar 77,5 persen, lebih besar daripada TPP Pemilu dan Pilpres 2014.

Pada Pemilu 2014, TPP berada di angka 75,11 persen. Sedangkan TPP Pilpres 2014 mencapai 69,58 persen.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Gilang Ramadhan