Jokowi Janji Carikan Pusat Pelatihan untuk Pemain Timnas U-16

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 17 Agu 2022 11:21 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu para pemain tim nasional sepakbola U-16 sebelum mengikuti upacara bendera HUT RI ke-77 di Istana Merdeka.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu para pemain tim nasional sepakbola U-16 sebelum mengikuti upacara bendera HUT RI ke-77 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Pertemuan berlangsung pukul 09.30 WIB di ruang kredensial Istana Merdeka.

Dalam pertemuan, Jokowi berjanji akan mencarikan tempat berlatih bagi tim U-16 yang baik di masa depan.

"Nanti kita carikan training camp yang baik," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta mengaku sempat menonton pertandingan mereka. Jokowi pun bangga dan mengucapkan selamat atas prestasi mereka dalam menjuarai Piala AFF U-16.

"Selamat ya, kemarin saya lihat mainnya bagus sekali," ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi berharap agar timnas U-16 dapat menjaga performa hingga jenjang usia berikutnya. Mantan Wali Kota Solo itu juga bercerita selalu melihat performa pemain turun saat U-23.

"Harus dijaga performanya, jangan sampai menurun biasanya ke U-23 menurun, harus konsisten," ungkapnya.

Sementara itu, pelatih Timnas U-16 Bima Sakti berterima kasih atas dukungan dan undangan Presiden Jokowi kepada Timnas U-16. Menurut pria yang pernah menjadi pemain timnas periode 1995-2001 itu piala juara yang diraih Timnas U-16 ini merupakan kado bagi bangsa Indonesia.

"Tadi kita sudah perlihatkan piala kepada Bapak Presiden. Ini sebagai kado buat bangsa Indonesia yang hari ini merayakan kemerdekaan," ujar Bima Sakti.

Terpisah, Ketua Umum PSSI M. Iriawan mengakui bahwa ia ingin agar persepakbolaan Indonesia bisa membawa dampak bagi persepakbolaan dunia. Iriawan mengaku, ia ingin timnas U-16 Indonesia bisa setidaknya masuk 5 besar dalam Piala Asia yang akan digelar dalam waktu dekat.

"Nanti kan ada Piala Asia. Kita harapkan minimal saya ingin masuk 5 besar. Tentunya kalo nokor 1 kan lawan-lawan kita luar biasa. Kalau nomor 5 besar kita targetkan. Oleh karena itu kita TC (training center)-kan kembali baik dalam negeri maupun luar negeri," Kata Iriawan ditemui terpisah di kompleks Istana Kepresidenan.



Baca juga artikel terkait U-16 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight