Joker, Film yang Banyak Ditonton Warga Inggris di Rumah Selama 2020

Oleh: Dede Mudopar - 7 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Warga Inggris paling banyak menonton film Joker selama di rumah sepanjang 2020.
tirto.id - Film Joker menjadi film yang paling banyak ditonton warga Inggris di rumah sepanjang 2020. Film kerja sama Warner Bros dan DC Films itu menjadi tontonan publik Inggris saat di rumah yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan oleh British Association for Screen Entertainment (BASE) pada Rabu (6/1/2021)

Dilansir dari Variety, berdasarkan data dari Official Charts Company, Futuresource Consulting, dan Kantar menunjukan bahwa sektor hiburan rumah di Negeri Ratu Elizabeth ini tumbuh sebesar 26 persen pada tahun 2020, sehingga total nilai pasar menjadi 4,47 miliar dolar AS.

Hal tersebut disebabkan karena penerapan lockdown di Inggris sehingga orang-orang menghabiskan banyak waktunya di rumah. Kebijakan lockdown yang berlaku juga membuat bioskop ditutup di seluruh negeri.

Di Inggris, film yang disutradarai oleh Todd Phillips tersebut berhasil terjual lebih dari 1,4 juta copy dalam bentuk DCVD, penjualan elektronik (EST) dan TVOD (transactional video-on-demand). Selain film Joker, film lainnya yang menguasai hiburan rumah di Inggris, sebagaimana dilansir dari NME, yaitu film Frozen 2 yang penjualannya mencapai 1,3 juta copy disusul oleh Jumanji: The Next Level (1,1 juta copy), 1917 (1,1 juta copy), dan Star Wars: The Rise Of Skywalker (935,800 copy).

Penjualan EST di bidang film dan konten TV pertumbuhannya mencapai 14,5 persen sejak lockdown Maret 2020. Sedangkan pembelian dalam bidang TVOD mengalami pertumbuhan 24 persen. Pelanggan yang membeli dan menyewa di seluruh kategori video tumbuh 14% antara Maret dan November menjadi 12,9 juta orang.

“Pandemi memengaruhi semua sudut kehidupan sepanjang tahun 2020, evolusi dalam kategori video tidak diragukan lagi telah maju. Video transaksional digital bisa dibilang menjadi penerima manfaat dari kondisi yang memaksa orang untuk tinggal di rumah, karena lebih dari dua juta pelanggan baru bergabung dengan jutaan lainnya yang telah terlibat dengan konten EST dan VOD”. Ujar Liz Bales, kepala eksekutif BASE dikutip dari Variety.

Film Joker dirilis pada Oktober 2019 dan dibintangi oleh Joaquin Phoenix. Penampilannya dalam memerankan tokoh Arthur Fleck dalam film besutan Todd Phillips itu membuat dia diganjar penghargaan sebagai Aktor Terbaik dalam ajang Piala Oscar 2020.

Selain itu, dalam ajang tahunan tersebut Joker masuk beberapa nominasi seperti nominasi Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Musik Orisinal Terbaik. Di sektor penghasilan, film yang melibatkan Robert De Niro sebagai pemeran pembantu ini telah berhasil meraup penghasilan lebih dari 1 miliar dolar AS dari pemutarannya di seluruh dunia.



Baca juga artikel terkait JOKER atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Yantina Debora
DarkLight