Jenazah BJ Habibie Tiba di TMP, Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman

Oleh: Riyan Setiawan - 12 September 2019
Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara dalam pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie.
tirto.id - Jenazah Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Jenazah tiba sekitar pukul 13.30 WIB.

BJ Habibie tiba dengan Mobil Jenazah berwarna putih dengan pelat nomor 9647 VIII. Saat tiba di TMP, jenazah pun langsung dibopong oleh delapan anggota paspamres dengan seragam warna merah dan bawahan putih.

Komandan upacara pun melapor kepada inspektur upacara bahwa jenazah telah tiba. Inspektur upacara yang bertugas saat itu adalah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi pun langsung berjalan ke belakang keranda mayat BJ Habibie. Bebera menit kemudian, barisan depan upacara pun langsung berjalan sambil menabuh drum.

Peluru pun langsung ditembakkan ke udara. Jenazah beserta barisan pun langsung jalan menuju makam.

Berdasarkan pantauan reporter Tirto, sejumlah kerabat pun meneriakkan nama Presiden ke-3 Indonesia itu. Bahkan banyak juga yang menitikkan air mata.

Terdengar suara syahadat dari kanan maupun kiri barisan. "Lailahaillah...Lailahaillah... Lailahaillah...," ucap sejumlah kerabat yang hadir.

Sekitar pukul 13.45 WIB, BJ Habibie pun tiba di liang lahat. Inspektur upacara pun langsung menuju tempat upacara. Komandan Upacara pun langsung menyiapkan barisan.

"Siap gerak," kata Komandan upacara.

Komandan upacara pun melaporkan ke inspektur upacara bahwa upacara siap dimulai.

"Lapor upacara siap dimulai," lapor komandan kepada Jokowi.

"Laksanakan," kata jokowi.

BJ Habibie meninggal pada Rabu sore, sekitar pukul pukul 18.03 di RSPAD, Senen, Jakarta Pusat. Jenazah BJ Habibie dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).


Baca juga artikel terkait BJ HABIBIE atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Abdul Aziz
DarkLight