Jadwal Pengumuman Telkom University Jalur KIP Kuliah 2021 Link

Penulis: Addi M Idhom - 16 Jul 2021 22:48 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Telkom University akan mengumuman hasil kelulusan seleksi Jalur Beasiswa KIP Kuliah pada tanggal 22 Juli 2021.
tirto.id - Telkom University telah merilis jadwal pengumuman hasil seleksi Jalur Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah Tahun 2021. Peserta seleksi bisa mengakses pengumuman tersebut pada beberapa hari lagi.

Berdasarkan informasi resmi dari Telkom University, pengumuman hasil kelulusan Jalur Beasiswa KIP Kuliah Merdeka 2021 itu akan dirilis pada Kamis, 22 Juli 2021. Peserta seleksi bisa mengetahui hasil kelulusannya di pengumuman itu, mulai pukul 14.00 WIB.

Adapun pengumuman bisa diakses melalui laman smb.telkomuniversity.ac.id. Untuk mengecek hasil seleksi, para peserta dapat mengklik tombol Cek Kelulusan, atau link ini. Kemudian masukkan nomor peserta, dan klik Submit.

Jalur Beasiswa KIP Kuliah merupakan seleksi beasiswa yang dibuka oleh Telkom University untuk para lulusan SMA/SMK/MA yang berprestasi tetapi tidak memiliki kemampuan ekonomi memadai untuk kuliah di perguruan tinggi.


Seleksi Beasiswa KIP Kuliah Telkom University 2021 dapat diikuti dengan tanpa biaya pendaftaran. Mekanisme seleksi di jalur ini menggunakan nilai rapor, dan tanpa disertai tes tulis.

Mereka yang dapat mengikuti seleksi ini harus merupakan lulusan SMA/SMK/MA paling lama dari 2 tahun sebelum pendataran, atau akan lulus pada tahun pembukaan seleksi. Pendaftar jalur ini harus mempunyai NISN, NPSN, dan NIK yang valid.

Selain itu, pendaftar memiliki dokumen yang menjadi bukti prestasi akademik dan keterbatasan kapasitas ekonominya. Khusus pendaftar pelajar SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus di tahun berjalan dengan potensi akademik baik wajib mempunyai Kartu KIP dan Kartu Keluarga Sejahtera.

Syarat lainnya, pendaftar harus lulus seleksi SMB Telkom University pada prodi dengan akreditasi A atau B. Artinya, pendaftar perlu lolos seleksi sebagai mahasiswa Telkom University.

Sementara untuk mendaftar, peserta musti mendaftarkan diri melalui laman resmi untuk pendaftaran KIP Kuliah, kip-kuliah.kemendikbud.go.id atau di KIP Kuliah Mobile Apps. Kemudian, pendaftar melakukan pendaftaran di laman smb.telkomuniversity.ac.id.

Apabila lolos menjadi penerima KIP Kuliah 2021, pendaftar akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah atau biaya pendidikan di kampusnya. Pemerintah akan mengganti pembayaran biaya kuliah langsung dengan menyetornya ke kampus PTN maupun PTS yang menerima pemilik KIP Kuliah sebagai mahasiswa.

Selain itu, penerima KIP Kuliah juga akan menerima bantuan biaya hidup. Namun, sesuai dengan informasi di laman resmi KIP Kuliah, mulai tahun akademik 2021/2022, biaya hidup tersebut akan ditetapkan oleh Puslapdik berdasarkan perhitungan pada besaran indeks harga lokal di masing-masing wilayah Perguruan Tinggi.

Pendaftaran Beasiswa APERTI di Telkom University

Telkom University tercatat membuka pendaftaran seleksi beasiswa dengan 9 jalur pada 2021, dan KIP Kuliah ialah salah satu dari kesembilannya. Dari 9 jalur itu, saat ini hanya satu yang masih buka masa pendaftaranya.

Jalur tersebut ialah Beasiswa APERTI BUMN. Pendaftaran menjadi peserta seleksi beasiswa ini tanpa biaya. Masa pendaftaran menjadi calon penerima Beasiswa APERTI BUMN adalah 12 Juni sampai 23 Juli 2021.

Beasiswa APERTI BUMN merupakan program beasiswa yang digelar oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN. Aliansi itu terdiri atas sejumlah perguruan tinggi sebagai berikut:

  • TelkomUniversity
  • Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN)
  • Universitas Pertamina (UP)
  • Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG)
  • Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)
  • Poltek POS
  • Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute)
  • dan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS).

Pendaftaram Beasiswa APERTI-BUMN bisa diikuti seluruh siswa SMA/SMK/MA di Indonesia. Bagi peserta yang lulus akan mendapatkan beasiswa kuliah penuh sampai lulus. Mengenai syarat dan ketentuannya mengikuti kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

Di Telkom University, persyaratan mendaftar jadi penerima beasiswa APERTI BUMN 2021 adalah:

  • Siswa SMA/SMK/MA
  • Lulusan Tahun 2020 atau 2021
  • Rapor semester 1 s/d 6. Nilai minimal 75
  • Sertifikat Akademik / Non Akademik (jika ada)
  • Berkas Pendaftaran di Upload secara Online
  • Pendaftaran & Upload berkas terakhir 23 Juli 2021.

Sementara rincian jadwal pendaftaran dan seleksi ialah sebagai berikut:

  • Pendaftaran : 12 Juni – 23 Juli 2021
  • Pengumuman Selektif Administrasi : 6 Agustus 2021
  • Wawancara : 9 – 12 Agustus 2021
  • Pengumuman Kelulusan : 16 Agustus 2021.

Untuk daftar, kunjungi laman smb.telkomuniversity.ac.id/beasiswa-aperti-bumn dan klik tombol "Daftar Sekarang." Lalu, buat akun penerimaan mahasiswa baru dan kemudian ikuti petunjuk pendaftaran.

Baca juga artikel terkait TELKOM UNIVERSITY atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Addi M Idhom
Editor: Yantina Debora

DarkLight