Jadwal Debat Pilpres 2019 Ketiga: Cawapres Ma'ruf Amin vs Sandiaga

Oleh: Ibnu Azis - 16 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Debat Cawapres 2019 Ma'ruf Amin vs Sandiaga Uno akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3) malam.
tirto.id - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin akan "bertarung" dengan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno dalam Debat Pilpres 2019 tahap ketiga yang dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam.

Debat Cawapres 2019 ini mengusung tema "Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Kebudayaan" yang akan dipandu oleh Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas sebagai moderator.

Untuk membantu KPU dalam Debat Cawapres 2019 ini, telah ditunjuk sembilan panelis untuk merancang pertanyaan, yakni Prof. Dr. Samsul Rizal, MEng (Rektor Universitas Syiah Kuala), Prof. KH Yudian Wahyudi, M.A,. Ph.D (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Prof. Dr. Chairil Effendi (Guru Besar Sastra Universitas Tanjungpura Pontianak), serta Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A (Rektor Universitas Hasanuddin Makassar).

Berikutnya, Prof. Subhilhar, M.A. Ph.D (Guru Besar Universitas Sumatera Utara), Radhar Panca Dahana (Budayawan), Anis Hidayah (Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant Care), Prof. Dr. David S. Perdanakusuma, dr. Sp.BP-RE(K) (Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia), dan Prof. H. Yos Johan Utama (Rektr Universitas Diponegoro).


Jelang Debat Cawapres 2019, pengamat ekonomi Eko Listiyanto memperkirakan isu-isu ketenagakerjaan akan meramaikan debat ketiga Pilpres pada Minggu (17/3) malam besok.

"Kemungkinan besar soal isu tenaga kerja dari sisi calon Wakil Presiden nomor urut 01 akan lebih banyak menyampaikan capaian-capaian, seperti target 10 juta lapangan kerja yang kemungkinan besar bisa dicapai dan prestasi yang bisa dibanggakan," katanya di Jakarta sebagaimana dikutip dari Antara, Sabtu (16/3).

Sementara itu, para panelis dan dua moderator Debat Cawapres 2019 telah menandatangani pakta integritas di Jakarta, Rabu (13/3). Penandatanganan ini disaksikan oleh Ketua dan Anggota KPU RI dan jadi bagian dari transparansi serta komitmen penyelenggaraan debat yang berintegritas.

"Kami meminta panelis dan moderator bahwa mereka akan bekerja, bertindak memproses pertanyaan-pertanyaan [dan nanti akan disampaikan moderator kepada para kandidat] dengan prinsip sebagaimana diatur dalam UU," ujar Ketua KPU Arief Budiman sebagaimana dikutip dari situs KPU, Sabtu (16/3).

KPU juga sudah mengumumkan Debat Pilpres 2019 keempat yang rencananya digelar pada 30 Maret 2019 di Gedung Balai Sudirman, Jakarta. Debat yang diikuti 2 capres (Jokowi dan Prabowo) saja ini akan mengulas tema "Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan serta Hubungan Internasional".

Sementara debat kelima, yang belum ditentukan jadwalnya dan akan membahas tema "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi, Perdagangan dan Industri". Debat terakhir ini akan diikuti oleh kedua pasangan capres-cawapres.

Rangkaian 5 putaran debat itu telah dimulai sejak 17 Januari 2019. Debat pilpres pertama sudah dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta dan diikuti oleh kedua pasangan capres-cawapres. Saat itu, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga berdebat soal topik "Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Korupsi dan Terorisme".


Adapun Debat Cawapres 2019 pada Minggu (16/3) malam akan digawangi oleh Transmedia, yang dapat disaksikan mulai pukul 20.00 WIB melalui beberapa saluran siaran, seperti Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Trans Vision, dan detikcom.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Politik)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH