Isu BBM Pertamax Langka di Jakarta, Ini Penjelasan Pertamina

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 11 Agu 2022 08:18 WIB
Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting tidak menampik adanya keterlambatan dalam pengiriman di beberapa SPBU.
tirto.id - Seorang warga Jakarta, Pratama mengeluhkan BBM Pertamax langka di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Tujuh SPBU dia datangi mulai dari Pulogadung hingga Rawamangun, Jakarta Timur hasilnya nihil.

"Gue muter tujuh SPBU di sekitaran Pulogadung dan Rawamangun. Pertamax stok kosong," pengakuannya kepada Tirto, Kamis (11/8/2022).

Terkait hal itu, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis Pertalite (RON 90) dan Pertamax (RON 92) aman.

"Stok kita aman," kata Irto kepada Tirto, Kamis (11/8/2022).

Irto menuturkan saat ini ketahanan stok Pertalite ada di 18,3 hari, sementara Pertamax di 43 hari. Lebih lanjut, dia menjelaskan kedua BBM tersebut terus diproduksi agar memenuhi kecukupan stok nasional.

"Artinya dari sisi stok aman," imbuhnya.

Walaupun begitu, Irto tidak menampik ada keterlambatan dalam pengiriman di beberapa SPBU. Namun pihaknya sudah melakukan optimalisasi pengiriman, bahkan fuel terminal 24 jam operasional untuk memenuhi kebutuhan SPBU.

"Semoga tidak ada lagi yang kosong ya," pungkasnya.



Baca juga artikel terkait KELANGKAAN BBM atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight