Menuju konten utama

Info Rincian Formasi CPNS BAKAMLA RI 2024 dan Cara Daftarnya

Berikut ini informasi mengenai rincian formasi CPNS BAKAMLA RI 2024 dan tata cara pendaftaran hingga 6 September.

Info Rincian Formasi CPNS BAKAMLA RI 2024 dan Cara Daftarnya
Ilustrasi CPNS. foto/Freepic

tirto.id - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) merilis Surat Pengumuman Nomor KP.03.01/01/2024 tentang seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Bakamla RI tahun anggaran 2024.

Dalam surat tersebut Bakamla RI memberikan informasi mengenai rincian formasi, syarat pendaftaran, berkas pendukung, hingga tata cara pendaftaran CPNS Bakamla RI 2024.

Pada CPNS 2024, Bakamla RI membuka seleksi untuk tiga jenis kebutuhan, yakni kebutuhan umum yang ditujukan kepada pelamar yang memenuhi persyaratan lamaran secara umum dan memenuhi syarat kualifikasi pendidikan yang telah ditentukan.

Kemudian, kebutuhan cumlaude yang ditujukan untuk lulusan dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan predikat pujian (cumlaude) dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan.

Serta, kebutuhan khusus yang ditujukan untuk putra/putri Kalimantan yang dibuktikan dengan KTP di Kabupaten/Kota Kalimantan pada saat pembuatan akun di SSCASN.

Rincian Formasi CPNS BAKAMLA RI 2024

Total jumlah formasi yang buka pada CPNS Bakamla RI 2024 mencapai 397 formasi. Dengan rincian 393 formasi umum, 3 formasi lulusan terbaik, dan 1 formasi khusus untuk putra/putri Kalimantan.

Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan mulai dari SLTA/Sederajat, SMK, D-III, D-IV, hingga S-1.

Untuk lebih lengkapnya berikut ini dapat dilihat rincian jabatan, formasi, kualifikasi pendidikan, hingga unit penempatan CPNS Bakamla RI 2024.

Link Rincian Formasi CPNS BAKAMLA RI 2024

Persyaratan Peserta CPNS BAKAMLA RI 2024

  1. Warga Negara Indonesia, yang bertaqwa kepada Tuhan, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.
  2. Usia pada saat pendaftaran paling rendah 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap kerena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, Prajurit TNI, Anggota POLRI, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai Calon PNS, PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  8. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.
  9. Sehat Jasmani dan Rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah yang menyatakan Sehat Jasmani dan Rohani dan Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 160 cm untuk laki-laki, dan 150 cm untuk perempuan serta memiliki berat badan ideal.
  10. Tidak berstatus sebagai peserta lulus seleksi calon ASN yang sedang dalam proses pengusulan penetapan nomor induk pegawai.
  11. Dalam hal PPPK melamar pada lowongan jenis pengadaan PNS, yang bersangkutan wajib memenuhi Masa Perjanjian Kerja minimal 1 (satu) tahun dan telah mendapatkan persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian.
  12. Calon pelamar merupakan lulusan dari Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)/sederajat yang sudah terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan/atau Kementerian Agama, dan lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Program Studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT) dan terdaftar di Forlap Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi saat kelulusan, dengan ketentuan:

    a. S-1 / D-IV dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi (kecuali pelamar jabatan Cumlaude).

    b. D-III dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi.

  13. SLTA sederajat dengan nilai minimal pada ijazah rata-rata 7,0 dan wajib memiliki sertifikat sebagaimana tercantum dalam kualifikasi pendidikan jabatan yang dilamar.
  14. Pelamar pada pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2024 dapat menggunakan nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diperoleh dalam seleksi pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2023 dan tidak dapat mengikuti SKD Tahun Anggaran 2024.
  15. Peserta yang dinyatakan lulus semua tahapan seleksi CPNS wajib mengikuti Pendidikan Coast Guard Basic Training selama 3 (tiga) bulan.
  16. Jabatan untuk formasi Anak Buah Kapal dikhususkan untuk pelamar berjenis kelamin laki-laki.
  17. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian.
  18. Untuk formasi pusat bersedia ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tata Cara Pendaftaran CPNS BAKAMLA RI 2024

  1. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK peserta dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
  2. Pada saat pendaftaran pelamar harus mengisi NIK pelamar dan Nomor Kartu Keluarga, tempat tanggal lahir, Nomor Handphone dan alamat email aktif, membuat password dan membuat jawaban pengaman lalu mengunggah pas foto terbaru (3 bulan terakhir) berlatar belakang merah (ukuran maksimal 500kb, tipe file jpg) dan cetak Kartu Informasi Akun.
  3. Setelah itu pelamar kembali login ke portal diatas menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan, kemudian pelamar:

    a. Mengunggah foto diri pelamar (swafoto) sebagai bukti telah melakukan pendaftaran (foto minimal 120kb, maks 200kb, tipe file Jpg).

    b. Memilih instansi Badan Keamanan Laut RI, jenis formasi dan jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan pelamar.

    c. Melengkapi data dan form yang tersedia dan wajib mengunggah dokumen yang telah dipersyaratkan.

    d. Apabila telah lengkap, pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2024.

  4. Pelamar mengunggah secara daring dokumen persyaratan hasil pindai (scan warna) yang terdiri dari:

    a. Surat lamaran diketik yang ditujukan kepada Kepala Bakamla RI c.q. Ketua Panitia Seleksi CASN Bakamla RI Tahun 2024 yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai Rp.10.000,- (Format Terlampir).

    b. Pas foto formal terbaru ukuran 4 x 6 cm berlatar belakang merah.

    c. Scan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau asli Surat Keterangan dari Dukcapil.

    d. Ijazah asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri telah memperoleh surat keputusan penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

    e. Transkrip nilai asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri melampirkan transkrip nilai dan surat keputusan hasil konversi nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

    f. Sertifikat atau Tangkapan Layar (Screenshot) pada PDDIKTI / BAN-PT dari Akreditasi perguruan tinggi dan/atau program studi pada saat kelulusan pelamar yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah.

    g. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah yang menyatakan Sehat Jasmani dan Rohani dan Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 160 cm untuk laki-laki, dan 150 cm untuk perempuan serta memiliki berat badan ideal.

    h. Sertifikat tambahan sebagaimana tercantum pada kualifikasi pendidikan jabatan yang dilamar.

    i. Khusus untuk pelamar formasi Cumlaude, Surat Keterangan/bukti lain yang menunjukan Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi A/Unggul dengan Program Studi A/Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada saat ijazah tersebut dikeluarkan.

  5. Waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai tanggal 20 Agustus sampai 6 September 2024 melalui portal https://sscasn.bkn.go.id.
  6. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara daring melalui portal https://sscasn.bkn.go.id.
  7. Pastikan seluruh dokumen yang diunggah sesuai dengan ketentuan dan dapat terbaca dengan jelas. Kesalahan dalam mengunggah dokumen ataupun unggahan dokumen tidak terbaca dengan jelas dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi.

Baca juga artikel terkait CPNS 2024 atau tulisan lainnya dari Bintang Pamungkas

tirto.id - Aktual dan Tren
Kontributor: Bintang Pamungkas
Penulis: Bintang Pamungkas
Editor: Dipna Videlia Putsanra