Hasil Survei LIPI: 40 Persen Suara di Pemilu Didominasi Milenial

Oleh: Alfian Putra Abdi - 11 Desember 2018
"Kecenderungan pemilih milenial bersifat rasional dan secara sadar mau berpartisipasi [dalam pemilu 2019]," kata Sarah.
tirto.id - Koordinator Pusat Peneliti Politik LIPI, Sarah Nuraini Siregar menyatakan, berdasarkan hasil survei lembaganya, ada sekitar 35 persen sampai 40 persen pemilih dalam Pemilu 2019 didominasi generasi milenial.

"Atau jumlahnya sekitar 80 juta dari 185 juta pemilih," kata Sarah saat ditemui di Gedung LIPI, Jakarta Selatan, pada Selasa (11/12/2018).

Menurut Sarah, jumlah generasi milenial yang tidak sedikit itu menjadi modal penting untuk para politikus dalam Pemilu 2019.

"Dampak partisipasi mereka akan menjadi modal penting bagi siapapun yang berkepentingan di dalam pemilu," ujarnya. "Karena mereka akan datang ke bilik suara dan menggunakan hak pilihnya," kata Sarah.

Hal tersebut, menurut Sarah, ditenggarai oleh karakteristik generasi milenial. "Kecenderungan pemilih milenial bersifat rasional dan secara sadar mau berpartisipasi [dalam pemilu 2019]," ujarnya.

Temuan Sarah tersebut berdasarkan riset Prioritas Nasional yang dilakukan Pusat Penelitian Politik LIPI di 34 provinsi dengan kegiatan survei publik yang melibatkan 2.100 responden.

Sedangkan survei ahli yang dilakukan di 11 provinsi melibatkan 145 ahli. Sementara itu didukung juga dengan riset kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan di 7 provinsi selama tahun 2018.

Berdasarkan survei Alvara Research Center yang digelar Oktober 2018, pilihan politik milenial muslim Indonesia terbelah dua.

Milenial muslim yang berorientasi nasionalis cenderung memilih Jokowi-Ma'ruf, sementara milenial muslim yang berorientasi religius cenderung memilih Prabowo-Sandiaga.

Direktur Alvara Research Center Hasanuddin Ali menyampaikan, sebanyak 55,56 persen milenial muslim berorientasi nasionalis memilih Jokowi-Ma'ruf.

Sedangkan milenial muslim kategori serupa yang memilih Prabowo-Sandiaga hanya sebanyak 33,92 persen. Artinya, Jokowi-Ma'ruf unggul di kalangan pemilih milenial muslim nasionalis.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight