Pilpres Amerika Serikat

Hasil Pilpres Amerika 2020: Joe Biden Menang & Fakta Unik Lainnya

Oleh: Iswara N Raditya - 8 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Hasil Pemilihan Presiden Amerika Serikat ke-59 tahun 2020 berakhir sengit dengan melibatkan Donald Trump vs Joe Biden. Siapa pemenangnya?
tirto.id - Hasil Pemilihan Presiden Amerika Serikat ke-59 tahun 2020 berakhir sengit dengan melibatkan Donald Trump vs Joe Biden. Sepanjang sejarah pilpres di AS yang telah berlangsung sejak abad ke-18, ada banyak fakta unik yang pernah terjadi.

Sang petahana Donald Trump dari Partai Republik berupaya keras kembali menduduki kursi kepresidenan Amerika Serikat untuk 4 tahun ke depan. Namun, ambisi Trump mendapatkan persaingan ketat dari Joe Biden yang diusung Partai Demokrat.

Menurut laporan New York Times, Sabtu (7/11/2020) waktu setempat, Joe Biden yang berpasangan dengan Kamala Harris akhirnya menang serta terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-46, mengalahkan pasangan Donald Trump dan Mike Pence.

“Joseph Robinette Biden Jr. terpilih sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat pada Sabtu berjanji memulihkan normalitas politik dan semangat persatuan nasional untuk menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi, serta menjadikan Donald J. Trump sebagai presiden satu masa jabatan setelah 4 tahun keributan di Gedung Putih,” demikian tulis New York Times.

Joe Biden memenangkan Pilpres AS 2020 dengan raihan 290 electoral votes. Adapun Donald Trump hanya memperoleh 214 suara.

Sepanjang sejarah pelaksanaannya sejak 1789 hingga kini, Pemilihan Presiden Amerika Serikat telah menghadirkan banyak fakta unik, termasuk dalam Pilpres AS 2020 antara Joe Biden vs Donald Trump

Joe Biden Presiden AS Tertua

Kemenangan Joe Biden membuatnya menjadi Presiden AS tertua sepanjang sejarah dengan usia 78 tahun. Biden memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Ronald Reagan ketika terpilih sebagai Presiden AS untuk masa jabatan kedua pada usia 73 tahun.

Sedangkan Presiden Amerika Serikat termuda adalah John F. Kennedy (1961-1963) yang mulai menjabat pada usia 43 tahun. Ia meninggal dunia dalam masa jabatannya akibat ditembak pada 22 November 1963.

Kamala Harris Wapres AS Perempuan Pertama

Tak hanya Joe Biden yang mengguratkan rekor. Pasangan Joe Biden di Pilpres Amerika Serikat 2020, Kamala Harris, bakal segera diresmikan sebagai Wakil Presiden AS perempuan pertama dalam sejarah negeri adidaya itu.

Adapun wanita pertama yang mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat adalah Victoria Woodhull pada 1872.

Hillary Clinton mengikuti jejak Victoria Woodhull pada 2016 dan memenangkan popular vote meski gagal menjadi presiden lantaran kalah di level Electoral College dari Donald Trump.

Hillary Nyaris Jadi Presiden AS Perempuan Pertama

Pada Pilpres AS 2016 lalu, Hillary Clinton memenangkan popular vote namun kalah di level Electoral College yang memenangkan Donald Trump. Andai saja Hillary Clinton saat itu menang, maka ia akan menjadi Presiden AS perempuan pertama dalam sejarah.


Van Buren Presiden “Asli” AS Pertama

Martin van Buren (1833-1837) adalah orang kelahiran Amerika Serikat pertama setelah kemerdekaan yang menjabat sebagai presiden. Adapun tujuh Presiden AS sebelumnya dilahirkan sebagai warga negara Inggris.

Meskipun berdarah Belanda, Martin van Buren lahir di Amerika Serikat, tepatnya di Kinderhook, pinggiran New York, tanggal 5 Desember 1782. Sebelum terpilih sebagai presiden, ia menjabat wakil presiden dan menteri luar negeri pada era pemerintahan Andrew Jackson.

Obama Presiden Kulit Hitam Pertama di AS

Barack Obama (2009-2017) menjadi Presiden Amerika Serikat pertama yang berasal dari kalangan kulit hitam atau Afrika-Amerika sepanjang sejarah.

Sedangkan pejabat pemerintahan kulit hitam pertama di Amerika Serikat adalah John Mercer Langston pada 1855.

Gerald Fold Spesialis Pengganti

Setiap kali mencalonkan diri sebagai presiden atau wakil presiden, Gerald Fold tidak pernah menang atau terpilih. Namun, ia bisa menduduki jabatan yang diincarnya justru sebagai pengganti.

Gerald Fold menjadi Wakil Presiden AS setelah Spiro Theodore Agnew mengundurkan diri pada 1973 di bawah kepemimpinan Presiden Richard M. Nixon.

Dan ketika Nixon mundur dari jabatan kepresidenan setahun kemudian, lagi-lagi Gerald Fold yang menggantikannya sebagai Presiden AS hingga 1977.

Franklin D. Roosevelt Presiden AS Terlama

Franklin D. Roosevelt menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat sejak 4 Maret 1933 hingga 12 April 1945 atau selama 4 periode sebelum berlakunya aturan yang membatasi masa jabatan presiden maksimal 2 periode. Dengan demikian, Franklin D. Roosevelt adalah Presiden AS yang menjabat paling lama.

Baca juga artikel terkait PILPRES AS 2020 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight