Timnas Indonesia

Hasil Indonesia vs Myanmar 2021 Skor 4-1: Timnas Senior Menang!

Oleh: Iswara N Raditya - 25 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
Hasil akhir laga uji coba Indonesia vs Myanmar dipungkasi dengan skor akhir 4-1 untuk kemenangan timnas senior Garuda.
tirto.id - Hasil laga uji coba antara Timnas Indonesia vs Myanmar di Stadion Emirhan Sports Complex, Antalya, Turki, Kamis (25/11/2021) dipungkasi dengan skor akhir 4-1. Unggul 3 gol di babak pertama, timnas senior Garuda akhirnya menuntaskan pertandingan dengan kemenangan meyakinkan atas Myanmar.

Timnas Indonesia dan Myanmar sama-sama sedang berada di Turki untuk menjalani pemusatan latihan sekaligus melakoni rangkaian laga uji coba dalam persiapan sebelum tampil di AFF Cup 2020. Turnamen sepak bola antar-negara paling bergengsi di kawasan ASEAN itu bakal dimulai tanggal 5 Desember 2021 mendatang di Singapura.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, tidak ingin skuad asuhannya kecolongan lagi seperti di laga uji coba pertama melawan Afghanistan. Saat itu, kelengahan yang dilakukan para pemain Garuda membuat Afghanistan mampu mencuri gol jelang pertandingan usai yang berakhir dengan kekalahan 0-1 untuk Timnas Indonesia.

Di laga uji coba kedua di Turki kontra Myanmar, Shin Tae-yong menerapkan formasi 4-5-1 yang sewaktu-waktu bisa berubah menjadi 4-3-3. Pelatih asal Korea Selatan itu menempatkan Ezra Walian sebagai ujung tombak dengan dukungan Witan Sulaeman dan Irfan Jaya yang beroperasi dari kedua sisi sayap serang.

Sektor tengah masih menjadi milik trio gelandang Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, dan sang kapten Evan Dimas Darmono. Sementara Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, serta Pratama Arhan mengisi jajaran kuartet pertahanan untuk melindungi gawang Muhammad Riyandi.


Jalannya Pertandingan Timnas Indonesia vs Myanmar Babak 1

Timnas Indonesia sudah unggul cepat ketika pertandingan baru berjalan 5 menit. Umpan silang yang dilepaskan oleh Ezra Walian mampu dituntaskan menjadi gol pertama bagi skuad Garuda lewat tandukan Ricky Kambuaya. Indonesia langsung memimpin 1-0 atas Myanmar.

Myanmar berupaya balik menekan dan sempat mengancam wilayah belakang Garuda lewat tendangan sudut. Beruntung, kemelut di area pertahanan Indonesia masih bisa ditangani dengan cukup baik oleh Fahruddin Aryanto dan kawan-kawan.

Indonesia mencetak gol kedua di menit 11. Umpan terobosan dari Alfeandra Dewangga membelah pertahanan Myanmar menuju Irfan Jaya yang merangsek dari sayap. Tak pikir panjang, pemain PSS Sleman ini langsung menceploskan bola ke gawang Myanmar dan gol! Indonesia 2, Myanmar masih kosong.

Skor berubah menjadi 3-0 pada menit 32. Penetrasi Witan Sulaeman dari sisi kiri pertahanan lawan tidak terbendung. Dengan tenang, pemain yang berkiprah di Liga Polandia bersama Lechia Gdansk ini meluncurkan tendangan datar menyilang yang tidak mampu ditangkal oleh kiper Myanmar. Skor sementara 3-0 bertahan hingga turun minum.

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Myanmar Babak 2

Timnas Indonesia langsung mendapatkan peluang emas di awal babak kedua. Menit 49, umpan Witan Sulaeman seharusnya bisa dituntaskan dengan lebih baik oleh Ezra Walian. Sayangnya, bola sodokan striker milik Persib Bandung itu masih melenceng di sisi kiri gawang Myanmar.

Ezra Walian akhirnya mencatatkan namanya di papan skor pada menit 54 setelah bek Myanmar menyentuh bola dengan tangan di area pertahanan sendiri. Wasit menunjuk titik putih. Ezra Walian yang maju sebagai algojo dengan dingin menunaikan tugas penaltinya dengan sempurna. Indonesia menjauh 4-0.

Timnas Indonesia bahkan bisa saja menambah gol pada menit 55 andai saja Irfan Jaya tidak dinyatakan offside. Bola yang sudah masuk ke gawang Myanmar pun batal menjadi gol.

Pelatih Shin Tae-yong melakukan 4 pergantian pemain sekaligus memasuki menit 64. Ezra Walian, Evan Dimas, Irfan Jaya, dan Rachmat Irianto ditarik keluar, digantikan oleh Ramai Rumakiek, Kadek Agung, Kushedya Hari Yudo, serta Ahmad Agung.

Selepas perubahan ini, Myanmar justru tampil lebih dominan dan menguasai jalannya pertandingan. Beberapa peluang pun diperoleh hingga akhirnya gawang Riyandi terkoyak pada menit 72. Myanmar memperkecil ketertinggalan menjadi 4-1.


Jelang waktu normal habis, Timnas Indonesia mulai kembali bisa menekan dan mendapatkan sejumlah kesempatan. Salah satunya adalah tendangan bebas Kadek Agung di depan wilayah pertahanan Myanmar pada menit 85 yang sempat menimbulkan kemelut, tapi bola gagal masuk.

Marckho Sandy Meraudje yang masuk menggantikan Asnawi Mangkualam seharusnya bisa memperbesar keunggulan Timnas Indonesia. Namun, bola hasil sepakannya masih meleset dan bergulir di sisi kanan tiang gawang Myanmar.

Beberapa peluang lain sempat tercipta. Namun hingga pertandingan babak kedua selesai, tidak ada tambahan gol lagi. Skor 4-1 untuk kemenangan pasukan Garuda menjadi hasil akhir laga uji coba antara Indonesia kontra Myanmar.


Susunan Pemain Timnas Indonesia

Indonesia (4-5-1): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Evan Dimas Darmono, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian

Cadangan: Syahrul Fadillah, Marckho Sandy Meraudje, Edo Febriansyah, Victor Igbonefo , Ryuji Utomo, Ahmad Agung, Kadek Agung, Ramai Rumakiek, Dedik Setiawan, Yabes Roni, Hanis Shagara, Kushedya Hari Yudo | Pelatih: Shin Tae-yong


Pencetak Gol Timnas Indonesia

Ricky Kambuaya ‘5, Irfan Jaya ’11, Witan Sulaeman '32, Ezra Walian (penalti) ‘54

Baca juga artikel terkait HASIL TIMNAS INDONESIA VS MYANMAR atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight