Piala AFF 2021

Jadwal AFF Cup 2020 Timnas Indonesia: Daftar Pemain & Uji Coba 2021

Oleh: Iswara N Raditya - 8 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
PSSI telah merilis daftar pemain terbaru Timnas Indonesia sebagai persiapan jelang Piala AFF 2021 di Singapura.
tirto.id - Jadwal AFF Cup 2020 bakal dimulai tanggal 2 Desember 2021. PSSI telah merilis daftar pemain terbaru Timnas Indonesia pilihan pelatih Shin Tae-yong yang akan mengikuti pemusatan latihan di Turki dan menjalani 2 laga uji coba kontra Afghanistan serta Myanmar sebagai persiapan jelang Piala AFF 2021 di Singapura nanti.

Ada 26 nama yang masuk skuad Timnas Indonesia senior kali ini. Sebagian besar diisi oleh para pemain muda yang sebelumnya telah memperkuat Timnas U23 maupun U19 selain beberapa pesepakbola berpengalaman seperti dua bek tengah, Victor Igbonefo dan Fachrudin Aryanto.

Elkan Baggot, bek blasteran milik Ipswich Town (Inggris), disertakan, serta sejumlah pemain lain yang merumput di luar negeri macam Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia), Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korea Selatan), Ryuji Utomo (Penang FC/Malaysia), serta Syahrian Abimanyu (JDT/Malaysia).

Pelatih Shin Tae-yong juga memanggil kembali Ezra Walian, striker keturunan Indonesia yang sempat berkiprah bareng Jong Ajax di Belanda dan kini memperkuat Persib Bandung. Selain itu, terdapat dua pemain debutan dari Liga 1 2021 yakni Edo Febriansyah dari Persita Tangerang serta Syahrul Fadillah dari TIRA Persikabo.

"Pelatih Shin Tae-yong kali ini memanggil 26 nama pemain. Mereka akan berlatih di Jakarta terlebih dahulu sebelum berangkat ke Turki pada pekan depan. Pemusatan latihan di Jakarta dan Turki sebagai persiapan menghadapi Piala AFF 2020 bulan Desember mendatang," ungkap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip dari laman resmi federasi, Sabtu (6/11/2021).

Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia di Turki

Selama menjalani pemusatan latihan di Turki, Timnas Indonesia juga akan menggelar dua laga uji coba internasional melawan Afghanistan dan Myanmar. Pertandingan kontra Afghanistan masuk dalam agenda FIFA yang akan dihelat pada 16 November 2021.

“Afghanistan akan menghadapi Indonesia dalam laga uji coba pada 16 November 2021. Pertandingan tersebut bakal dihelat dalam agenda resmi FIFA di Antalya, Turki,” cuit akun Federasi Sepak Bola Afghanistan (AFF) melalui Twitter beberapa waktu lalu.

Sedangkan laga uji coba melawan Myanmar bakal berlangsung tanggal 25 November 2021. Selain sudah dikonfirmasi oleh PSSI dalam laman resminya, rencana pertandingan ini sebelumnya telah diungkapkan oleh pelatih tim nasional Myanmar, Antoine Hey, lewat akun Twitter pribadinya.

“Kami akan menjalani pertandingan uji coba melawan Manavgat Spor dari Turki pada 9 November. Kami akan memainkan pertandingan persahabatan di sini di Antalya pada 13 November melawan Burundi. Kami akan bermain melawan Indonesia pada 25 November," sebut pelatih asal Jerman ini di Twitter, Selasa (2/10/2021).

Jadwal Timnas Indonesia di AFF Cup 2020

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap para pemain Timnas Indonesia menjalankan program pemusatan latihan dan laga uji coba dengan sebaik-baiknya sebagai persiapan sebelum mengarungi AFF Cup 2021 di Singapura Desember 2021 nanti.

"Pemain harus berjuang keras, disiplin, dan fokus demi Timnas Indonesia meraih hasil maksimal pada laga uji coba internasional dan tentunya Piala AFF 2020. PSSI terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi Timnas Indonesia," tandas jenderal polisi yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Di Piala AFF 2020 yang dihelat mulai 5 Desember 2021 nanti, Indonesia berada di Grup B dan akan bersaing melawan Malaysia, Vietnam, Kamboja, serta Laos. Skuad Garuda dijadwalkan memulai kiprahnya di AFF Cup 2020 dengan menghadapi Kamboja pada 9 Desember 2021 mendatang.

Sedangkan Grup A dihuni oleh Singapura yang juga bertindak sebagai tuan rumah, kemudian ada Myanmar, Thailand, Filipina, serta pemenang kualifikasi yang diperebutkan oleh Timor Leste kontra Brunei Darussalam.


Daftar Pemain Timnas Indonesia

Penjaga Gawang
M. Riyandi – Barito Putera
Syahrul Fadillah – TIRA Persikabo

Belakang
Fachrudin Aryanto – Madura United
Victor Igbonefo – Persib Bandung
Ryuji Utomo – Penang FC/Malaysia
Alfeandra Dewangga – PSIS Semarang
Elkan Baggott – Ipswich Town/Inggris
Pratama Arhan – PSIS Semarang
Edo Febriansyah – Persita Tangerang
Vava Mario – Persik Kediri
Asnawi Mangkualam – Ansan Greeners/Korsel

Tengah
Evan Dimas – Bhayangkara FC
Kadek Agung – Bali United
Rachmat Irianto – Persebaya Surabaya
Ahmad Agung – Persik Kediri
Ricky Kambuaya – Persebaya Surabaya
Syahrian Abimanyu – JDT/Malaysia
Irfan Jaya – PSS Sleman
Ramai Rumakiek – Persipura Jayapura
Witan Sulaeman – Lechia Gdańsk/Polandia
Egy Maulana Vikri – FK Senica/Slovakia
Yabes Roni – Bali United

Depan
Kushedya Hari Yudo – Arema FC
Dedik Setiawan – Arema FC
Hanis Saghara – TIRA Persikabo
Ezra Walian – Persib Bandung


Jadwal Laga Uji Coba Timnas Indonesia

16 November 2021 – Indonesia vs Afghanistan
25 November 2021 – Indonesia vs Myanmar


Jadwal Timnas Indonesia di AFF Cup 2020

9 Desember 2021 – Indonesia vs Kamboja
12 Desember 2021 – Laos vs Indonesia
15 Desember 2021 – Indonesia vs Vietnam
19 Desember 2021 – Malaysia vs Indonesia

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight