Timnas Indonesia

Jadwal Timnas Indonesia vs Afghanistan & Myanmar November 2021

Oleh: Iswara N Raditya - 4 November 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Timnas Indonesia vs Afghanistan & Myanmar dalam laga uji coba direncanakan tanggal 16 dan 25 November 2021 jelang AFF Cup.
tirto.id - Jadwal Timnas Indonesia vs Afghanistan dan Myanmar dalam laga uji coba internasional direncanakan digelar di Turki tanggal 16 dan 25 November 2021. Pertandingan persahabatan merupakan rangkaian persiapan timnas senior Indonesia sebelum tampil di Piala AFF 2020 yang akan dihelat awal Desember 2021 di Singapura.

Penampilan terakhir skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong adalah dua kali melawan Taiwan atau China Taipei dalam laga play-off untuk mendapatkan tiket ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Oktober 2021 lalu. Hasilnya, Timnas Indonesia menang dengan skor agregat 5-1 atas China Taipei dan berhak melaju ke fase berikutnya.

“Sangat senang dengan hasil ini karena para pemain sudah bekerja keras di dua pertandingan [melawan China Taipei]. Jadi, untuk ke depannya kalau ada kemauan semakin tinggi dari pemain, sepak bola Indonesia pasti akan lebih berkembang," ujar pelatih Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (11/4/2021).

"Setelah ini Timnas Indonesia akan mengikuti Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia, kami harap pemain untuk terus meningkatkan performa,” imbuh juru taktik tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini.

“Pemain juga harus fokus dan maksimal bermain di kompetisi liga. Kalau performa pemain terus membaik, secara taktik pun bisa meningkat, tentu Timnas Indonesia akan menjadi tim yang lebih baik lagi dari sekarang," tandasnya.

PSSI juga menyambut gembira dua kali kemenangan Timnas Indonesia atas Taiwan yang memastikan lolosnya skuad asuhan Shin Tae-yong ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Alhamdulillah Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan atas Taiwan. Kami lolos ke kualifikasi Piala Asia 2023. Terima kasih kepada pemain yang sudah berjuang keras dan tampil baik malam ini," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Jadwal Timnas Indonesia vs Afghanistan 16 November 2021

Usai menuntaskan misi di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, agenda penting Timnas Indonesia selanjutnya adalah tampil di Piala AFF 2020 yang pelaksanaannya baru bisa digelar pada Desember 2021 mendatang di Singapura akibat situasi pandemi COVID-19.

Untuk itu, Timnas Indonesia dijadwalkan menjalani pemusatan latihan di Turki mulai 18 November 2021 nanti, termasuk laga uji coba internasional sebagai bagian dari persiapan Evan Dimas dan kawan-kawan. Ada dua laga uji coba yang diketahui bakal dilakoni Timnas Indonesia, yakni kontra Afghanistan dan Myanmar.

Informasi mengenai laga uji coba antara Timnas Indonesia vs Afghanistan diungkapkan oleh Federasi Sepak Bola Afghanistan atau AFF melalui akun Instagram dan Twitter resmi mereka, Rabu (3/11/2021). Timnas Afghanistan akan menjalani pemusatan latihan sebelum menjalani ronde ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

“Afghanistan akan menghadapi Indonesia dalam laga uji coba pada 16 November 2021. Pertandingan tersebut bakal dihelat dalam agenda resmi FIFA di Antalya, Turki,” cuit akun Federasi Sepak Bola Afghanistan melalui Twitter.

“Federasi Sepak Bola Afghanistan (AFF) bertekad untuk mengerahkan segala upaya untuk memberikan yang terbaik bagi tim nasional untuk lebih mempersiapkan diri hingga pengundian resmi di babak final Kualifikasi Piala Asia,” lanjut AFF.

Jadwal Timnas Indonesia vs Myanmar 25 November 2021

Setelah menghadapi Afghanistan, Timnas Indonesia kembali akan melakukan laga uji coba internasional di Turki. Kali ini lawannya adalah sesama negara asal Asia Tenggara yakni Myanmar yang kebetulan juga memilih Turki sebagai lokasi pemusatan latihan menjelang tampil di Piala AFF 2020 pada Desember 2021 nanti.

Pelatih tim nasional Myanmar, Antoine Hey, melalui akun Twitternya mengonfirmasi bahwa skuad asuhannya bakal menjalani tiga laga uji coba di Turki, antara lain menghadapi klub lokal, lalu melawan Burundi, dan terakhir menjajal kemampuan Indonesia.

“Kami akan menjalani pertandingan uji coba melawan Manavgat Spor dari Turki pada 9 November. Kami akan memainkan pertandingan persahabatan di sini di Antalya pada 13 November melawan Burundi. Kami akan bermain melawan Indonesia pada 25 November," sebut pelatih asal Jerman ini di Twitter, Selasa (2/10/2021).

Di Piala AFF 2020 yang dihelat mulai 5 Desember 2021 nanti, Myanmar tergabung di Grup A bersama tuan rumah Singapura, Thailand, Filipina, serta pemenang kualifikasi yang diperebutkan oleh Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Sedangkan Timnas Indonesia berada di Grup B dalam Piala AFF 2020 nanti dan akan bersaing melawan Malaysia, Vietnam, Kamboja, serta Laos. Skuad Garuda dijadwalkan memulai kiprahnya di AFF Cup 2020 dengan menghadapi Kamboja pada 9 Desember 2021 mendatang.


Jadwal Laga Uji Coba Timnas Indonesia

16 November 2021 – Indonesia vs Afghanistan
25 November 2021 – Indonesia vs Myanmar


Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

9 Desember 2021 – Indonesia vs Kamboja
12 Desember 2021 – Laos vs Indonesia
15 Desember 2021 – Indonesia vs Vietnam
19 Desember 2021 – Malaysia vs Indonesia


Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Penyelia: Addi M Idhom
DarkLight