GoPay Gandeng BNI untuk Permudah UMKM Memperoleh Modal

Oleh: Mohammad Bernie - 13 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
GoPay akan menjadi jembatan untuk UMKM mengakses kredit usaha rakyat (KUR).
tirto.id - Layanan pembayaran nontunai, GoPay meneken nota kesepahaman (MoU) dengan BNI soal permodalan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi mitra GoFood. Kerja sama ini diharapkan mampu memudahkan UMKM untuk mengakses kredit usaha rakyat (KUR).

"Kami di GoJek, GoFood dan GoPay sederhananya adalah bagaimana memberi mereka akses ke pasar. GoPay menjadi jembatan untuk menuju perbankan," kata Chief Executive Officer GoPay Aldi Haryopratomo saat konferensi pers di Pasar Raya Blok M, Selasa (13/3/2018).

Chief Commercial Expansion Gojek Catherine Hindra Sutjahjo mengungkapkan saat ini GoFood telah bekerja sama dengan 125.000 mitra yang 70% nya adalah UMKM. Namun, permodalan masih menjadi masalah utama bagi UMKM untuk berkembang.

"Dengan kemudahan akses kredit murah ini, mereka bisa mengembangkan bisnis, menjangkau pasar yang lebih besar dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan," kata Catherine.

Nantinya GoPay akan melihat mitra UMKM di GoFood yang memiliki performa menjanjikan berdasarkan data keuangan yang dihimpun oleh GoPay. Kemudian, GoPay akan mengusulkan sejumlah UMKM tersebut ke BNI untuk mendapat (KUR).

"Tentunya setelah pihak merchant juga setuju untuk mengajukan KUR ke BNI," kata Aldi.

BNI kemudian akan memverifikasi data-data yang diperoleh dari GoPay. Hal ini guna mencegah terjadinya kredit macet di kemudian hari.


"Dengan memanfaatkan data transaksi GoPay, BNI bisa lebih mudah menentukan pelaku UMKM mana yang bisa mendapatkan kredit," kata Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harto.

BNI dan Gojek telah menyiapkan aplikasi yang mudah guna mempercepat penyaluran kredit kepada UMKM GoFood di seluruh Indonesia.

GoPay sendiri saat ini telah melampaui fungsinya sebagai alat pembayaran semata. Selain memungkinkan untuk diisi sejumlah nominal uang lewat ATM dan digunakan untuk membayar jasa di aplikasi GoJek, GoPay kini bahkan sudah dilengkapi fitur transfer dan penarikan tunai.

Gojek juga baru saja meluncurkan GoBills, untuk membayar tagihan yang terkait kebutuhan sehari-hari dengan menggunakan GoPay. GoBills dapat mengakomodasi fasilitas pembayaran tagihan untuk semua kepentingan, baik yang sifatnya cicilan maupun tagihan yang dikenakan setiap bulannya.


Baca juga artikel terkait TRANSPORTASI ONLINE atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Dari Sejawat
Infografik Instagram